Pages

Selasa, 29 Maret 2011

GOSPEL MAGIC (BUKAN ILMU SIHIR DAN TIPU)

GOSPEL MAGIC (BUKAN ILMU SIHIR DAN TIPU)

Pengantar
Gospel magic, apa itu? Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai apa itu gospel magic, ada baiknya kita membahas arti sulap terlebih dahulu.  Benarkah sulap itu menggunakan sihir? Benarkah sulap itu merupakan ajaran tipu-menipu?
Sulap bukanlah ilmu sihir. Lagipula sesungguhnya sihir sendiri tidak eksis.  Pada 1584, Reginald Scot menerbitkan The Discoverie of Witchcraft (Penemuan Ilmu Sihir). Buku ini sengaja dibuat untuk menunjukkan bahwa penyihir tidak pernah eksis, dengan meng-ekspos sisi menakjubkan dari sulap. Jadi sesungguhnya ingin dikatakan bahwa sihir itu sendiri sama seperti sulap merupakan sebuah kreativitas tanpa tenaga gaib. Namun oleh karena masih banyak yang menganggap sihir penuh kekuatan gaib. Maka saya ingin menegaskan bahwa sulap bukanlah sihir. Tidak ada kekuatan gelap atau gaib di dalamnya.  Sulap merupakan suatu kreativitas  ‘ketidaktahuan dan ketidakbisaan’. Apa maksudnya? Sulap sesungguhnya bermain dengan memanfaatkan ketidaktahuan dan ketidakbisaan seseorang/sekelompok orang terhadap hal tertentu. Misalnya seseorang/sekelompok orang kagum ketika melihat air putih menjadi darah dengan tiba-tiba, kemudian ketika air darah tersebut ditiup dengan sedotan maka akan berubah kembali menjadi bening.  Bagi mereka yang sudah tahu bahwa sulap tersebut menggunakan reaksi kimia Sodium karbonat dengan Fenolphtalein , pasti mereka tidak akan kagum. Jadi, sesungguhnya sulap merupakan kreativitas murni mengandalkan prinsip-prinsip keilmuan, baik matematika, fisika, biologi, psikologi dll. Ketika menggunakan prinsip-prinsip keilmuan yang ada, sulap secara kreatif mencari titik di mana ilmu tersebut belum diketahui banyak orang, sehingga permainan tersebut menjadi menarik.  Jadi, intinya sulap adalah suatu kreativitas yang menggunakan prinsip-prinsip keilmuan yang dikelola secara kreativ dengan memperhatikan hal-hal yang tidak diketahui oleh khalayak ramai.
Jika memanfaatkan ketidaktahuan seseorang bukankah itu berarti pesulap sangat picik? Tidak. Bukan hanya pesulap yang memanfaatkan ketidaktahuan seseorang/sekelompok orang, profesi yang lain juga memanfaatkan ketidaktahuan seseorang/sekelompok orang. Dokter, oleh karena kita tidak tahu bagaimana memerikasa dan mengobati diri sendiri maka dokter dibutuhkan. Guru, karena kita tidak tahu ilmu yang hendak kita pelajari maka kita butuh guru. Pendeta, karena kita tidak mengetahui banyak hal tentang teologi maka kita butuh pendeta. Montir, karena kita tidak tahu cara memperbaiki kendaraan kita maka kita membutuhkan montir, dan profesi yang lainnya. Apakah itu berarti profesi-profesi tersebut picik? Tentu tidak bukan, begitu juga dengan sulap.
Lalu bagaimana dengan menipu? Bukankah sulap identik dengan menipu.  Sulap yang mana? Jika yang Anda maksud adalah sulap seperti yang di TV maka saya no comment. Karena yang akan saya bahas di sini adalah gospel magic maka saya hanya akan menilai gospel magic. Gospel magic dapat saya katakan jelas tidak menggunakan penipuan dalam setiap kata-katanya. Gospel magic merupakan cara menyampaikan pesan firman Tuhan menggunakan ilustrasi sulap. Oleh karena ada pesan baik yang hendak disampaikan maka ketika memainkan gospel magic, yang disampaikan bukan lah kebohongan melainkan pesan. Dalam gospel magic tidak ada kalimat “perhatikan baik-baik, kotak ini kosong ya...” padahal kotak itu ada isinya. Yang harus dilakukan dalam Gospel magic adalah sebagai berikut (contoh): [1]
Katakan kepada penonton " Hidup manusia dapat diibaratkan seperti kipas ini.  Ada saatnya kehidupan baik tanpa masalah. Seandainya ada masalah pun dapat diselesaikan dengan segera. Hubungan dengan sesama pun baik. Tidak ada masalah yang berarti, semua teman senang apabila bersama kita bahkan mereka mengharapkan kedatangan kita. Hubungan dengan keluarga juga baik Keadaan ekonomi, kesehatan dan spiritual juga baik." Pada saat mengatakan tersebut, buka kipas dalam kondisi baik.
Kemudian katakan kembali, "namun ada saatnya pula kehidupan kita tidak berjalan dengan baik. Hubungan dengan teman rusak. Hubungan dengan keluarga juga rusak. Keadaan ekonomi melemah atau bahkan hancur. Masalah bukannya berkurang justru semakin bertambah." Pada saat mengatakan itu, buka kipas dalam keadaan rusak.
"Namun apabila keadaan kita masih memburuk janganlah menyerah. Ingatlah bahwa kehidupan manusia tidak selamanya buruk ada saatnya membaik." Pada saat itu buka kipas dalam keadaan baik.

"Apabila dalam keadaan baik, janganlah sombong, rendah hatilah. Berbagilah dengan sesama, ingatlah saat hidup kita menderita. Belajarlah untuk mrnjadi manusia yang rendah hati."
Apakah ada penipuan dari kata-kata di atas? Tentu tidak, di atas justru memberitakan tentang pesan yang baik. Itulah gospel magic.

Kreativitas Sulap
Seperti yang telah dituliskan sebelumnya bahwa sulap itu memacu seseorang untuk berpikir kreatif, dengan alat-alat /metode biasa yang ada dalam kehidupan sehari-hari,  alat /metode tersebut harus dapat dibuat menjadi permainan luar biasa. 

Jenis Sulap:
Mathemagic
Misalnya, dengan menggunakan prinsip logika matematika, kita bisa menebak siapa yang jujur dan siapa yang berbohong, lalu hanya dengan kemampuan perkalian 11 kita bisa menghitung penjumlahan dengan sangat cepat, ini disebut mathemagic.  

Mentalist
Misalnya, dengan melihat gerak pupil mata, jika pupil matanya bergerak ke atas lalu ke kanan maka kita bisa menebak bahwa orang tersebut sedang memikirkan benda. Jika pupil matanya bergerak ke kiri lalu ke bawah maka orang tersebut lagi memikirkan suara/bunyi. Tehnik ini menggunakan keterampilan psikologi yang disebut NLP (NEURO LINGUISTIC PROGRAMING). 

Science Magic
Misalnya, air teh berubah menjadi air putih; air menjadi darah; telur dapat mengapung dan tenggelam sesuai keinginan kita; balon dapat pecah tanpa menggunakan jarum atau benda tajam; balon tidak pecah ketika dibakar, lalat/burung yang terkapar tidak bergerak seolah mati dapat hidup/terbang kembali, dsb. Itu semua dapat dilakukan dengan menggunakan prinsip biologi, kimia dan fisika.
Dari contoh-contoh tersebut kita melihat bahwa sulap murni ilmu pengetahuan yang dikemas dalam ‘ketidaktahuan’ sehingga menarik. Itulah yang menyebabkan dalam sulap rahasia permainan itu harus dijaga. Sama seperti orang yang sedang menonton bioskop, ketika sedang tegang menanti apa yang akan terjadi di akhir cerita tiba-tiba teman yang sudah pernah nonton duluan memberitahu apa yang akan terjadi di adegan selanjutnya, maka pada umumnya tingkat ketertarikan kita akan menurun. 

Manfaat Bermain Gospel Magic
1.      Dengan bermain sulap seseorang akan didorong kreatif untuk menemukan hal-hal menarik untuk dimainkan dari apa yang telah mereka pelajari di sekolah. Dengan bermain sulap, seseorang juga dapat mengkonkretkan isi dari pembelajaran yang didapat di sekolah dalam bentuk permainan. Ingat bahwa bermain juga merupakan bagian dari proses belajar.
2.      Dengan bermain sulap, khususnya Magic Gospel kita dapat menyampaikan kabar baik tentang makna hidup kepada orang disekitar kita dengan cara yang menarik, tidak monoton (hanya ceramah saja).

Penutup
Demikian penjelasan singkat mengenai Gospel Magic. Saya tidak mencantumkan tentang sejarah sulap gospel dan sejarah sulap umum karena kita dapat mencarinya sendiri di google atau membaca langsung dari link
untuk informasi saja, sampai saat ini Indonesia telah memiliki beberapa Gospel Magician, daftarnya dapat dilihat di sini http://wezt.multiply.com/journal/item/5
Untuk buku Gospel Magic sendiri di Indonesia telah diterbitkan beberapa buku oleh ANDI. Jadi sesungguhnya, Gospel Magic bukanlah hal yang baru. Kita hanya perlu mengembangkan saja apa yang telah ada, untuk menjadi lebih baik.

Karya: Nuryanto, S.Si (Teol)

0 komentar:

Posting Komentar

Protected by Copyscape Duplicate Content Detection Tool

Delete this element to display blogger navbar