Pages

Kamis, 24 Maret 2011

Tingkah Laku Pekerja Kristen ?!?!renu

Tingkah Laku Pekerja Kristen ?!?!
 
"Bukankah kebinasaan bagi orang yang curang dan kemalangan bagi yang melakukan kejahatan ?" ( Ayub 31 : 3 ).
 
1. Datang terlambat , jalan dengan santai saja. Toh tetap saja telat. Nanti kalau kepergok , ditanya , baru beri alasan paling masuk akal. Contohnya : Macet  dsb. Paling gawat bagi yang suka mangkir , banyak alasan-alasan yang masuk akal ( maklum sudah biasa ) untuk "memuluskan segala cara ".
2. Absensi manual. Tidak ada yang tahu , jadi tulis saja mulainya jam kerja dikurangi sedikit biar dianggap "rajin".  Bisa saja ada rekan sekerja yang tahu cuma tak enak menegur , seperti mak comblang saja. Apalagi kalau orang tersebut masuk karena "KKN" & jabatan yang masukin mungkin saudaranya, sahabatnya atau keluarganya yang punya kedudukan / jabatan tinggi dalam perusahaan/ organisasi tersebut. Lagipula siapa sangka bahwa dalam organisasi Kristen/ gereja selalu ada saja orang yang tidak jujur. Semua yang bekerja di tempat itu mungkin saja semua berpikir positif atau bagi yang tahu kejadian berpikir bahwa sepandai-pandainya tupai melompat suatu hari jatuh juga.
3. Waktu kerja . Mulai kerja , pergi ke WC berlama-lama. Kembali ke tempat duduk, nyalakan laptop/ komputer tak lupa main internet , game , Hp/ BB/ Iphone dsb. Dari Twitter , chatting lewat internet hingga chatting darat , Facebookan dsb. Oh ya , biar irit tak lupa main telepon dengan fasilitas kantor. Yang penting pintar-pintar ber"muka Manis" saja. Bila ada atasan/ Boss berlagak rajin , serius bekerja, pintar jilat atasan kalau perlu jatuhkan saingan dengan cara licik & halus.
4. Ketika bekerja, tunda-tunda saja daripada rajin malah disuruh ini dan itu , dikasih pekerjaan lebih banyak. Orang yang tidak selesai-selasai karena tidak dikerjakan, tidak ditambahkan pekerjaan lagi. Lagipula yang diuntungkan hanya pihak perusahaan saja , bukan ? Bawahan tetaplah bawahan. Naik gaji cuma berapa sih ? Rajin atau malas kenaikan mirip-mirip. THR dapatnya sama , paling 1 bulan gaji. Mau kerja puluhan tahun atau baru kerja tak lama dapatnya juga sama i bulan gaji. Bonus ? Kalau bisa dapat  syukur deh. Mendingan jiga kerjain proyek orang diam-diam dengan fasilitas kantor. Kelihatan rajin pula.
5. Jam makan siang belum tiba . Wah, cuma beda 10 menit tak apalah keluar duluan.Kalau terlambat makan , bisa sakit maag. Nanti masih harus "makan waktu" di jalan, belum lagi harus tunggu pesanan makanan tiba. Makan harus santai , dinikmati sekalian buang stress .Kembali makannya siangan saja daripada macetnya serentak jam makan siang. Lagipula masa habis kenyang makan harus langsung jalan ? Bisa usus buntu , repot deh..
6. Penyerahan pekerjaan bila belum diminta , biarkan saja. Nanti kalau sudah date-line baru dikerjakan. Belum selesai, yah lembur saja. Ajukan pemunduran waktu supaya terlihat bahwa pekerjaan itu banyak & sulit selesaikannya.
7. Waktu bekerja dipakai berlama-lama dandan di WC , ngobrol-ngobrol dengan rekan sekerja supaya tidak jenuh & mengurangi stress. Dari curhat masalah pekerjaan , keluarga, pasangan hidup, anak, gosip si anu, info selebritis komplit dsb. Update gitu lho !
8. Pulang sebelum jam kerja selesai supaya lebih cepat kembali ke rumah, padahal nongkrong dulu di mall/ coffee shop daripada terjebak kemacetan. Gunakan waktu untuk berWi-Fi ria , ngelobby, kenalan dsb.
9. Sampai di rumah, mengeluh & berbohong dari masalah pekerjaan banyak, dimarahi atasan , masalah gaji kecil, kemacetan dsb. Biar orang rumah tak tanya macam-macam & tak perlu membantu urusan rumah-tangga. Nikmati makan malam.
10. Paling aman & nyaman bekerja bila kita dimasukkan kerja oleh backing kita yang kuat kedudukannya & terkenal, yang jabatannya atas-atas begitu. Siapa yang berani menegur ? Orang lain sungkan. Kalau ada yang nekat menegur ? Peduli amat, sirik amat sihhh itu orang !
 
Ini hanya segelintir kebiasaan-kebiasaan yang diungkap disini.
 
Tak ada yang tahu , tak ada yang lihat kejadian itu. Apakah benar demikian ? Bisa ya , bisa juga tidak.  Sebenarnya ada yang selalu tahu perbuatan-perbuatan kita. Dia adalah dirimu & Tuhan. Tuhan yang MAHA TAHU & "memberkatimu" selama ini !
Topeng Kristen atau Kristen KTP terjadi dimana-mana. Mereka terlihat sangat religius , makan sebelum berdoa , memakai kalung salib ,dan atribut lainnya. Makan sebelum doa hanya rutinitas belaka sebagaimana ke gereja hanya rutinitas semesteran atau kuartalan atau cuma setahun sekali. Banyak juga yang rajin ke sana-sini tapi tanpa pertumbuhan iman sama sekali. Kosong & hampa dalam hatinya.
 
Saudara-saudariku dalam Kristus ,
"Kesalahanmu menghalangi semuanya ini & dosamu menghambat yang baik daripadamu" ( Yeremia 5 : 25). Sadarlah & berobatlah !
 
Bagi yang telah bekerja sungguh-sungguh walaupun saat ini mungkin kamu diperas tenaga & pikirannya , gajimu yang lebih kecil, ketidak adilan dsb. Percayalah bahwa suatu hari nanti kamu akan mendapatkan yang lebih indah ! Rekan sekerja yang sudah bekerja di perusahaan lain bisa merekomendasikan kamu , teman-teman , saudara-saudara yang salut dengan ketekunan & kegigihanmu dalam bekerja , bisa menjadi saluran berkat untukmu dengan memberikan pekerjaan yang lebih baik.
 
Merry Srifatmadewi

0 komentar:

Posting Komentar

Protected by Copyscape Duplicate Content Detection Tool

Delete this element to display blogger navbar