Pages

Minggu, 21 Mei 2017

BIBLIOLATRI

BIBLIOLATRI

Sudah lama kita tidak belajar bahasa. Mari kita #belajarbahasa kembali. Kali ini kita akan belajar satu kata yang tidak akan kita temui dalam KBBI, yaitu Bibliolatri. Ingat yah, belajar bahasa, jadi status ini sifatnya informatoris, bukan doktrinal. Jadi komennya jangan dihubung-hubungkan dengan ajaran agama tertentu, Kalo mau kritik silakan dari segi bahasanya juga, bukan dari ajaran agamanya yah, ga kelar-kelar nanti. Hahaha.

"Bibliolatry" (Inggris), dindonesiakan jadi bibliolatri. Kata ini berasal dari kata majemuk "bibliolatreia", gabungan dua kata Yunani "biblion" atau "biblos" yang artinya kitab, dan kata "latreia" yang artinya penyembahan atau "worship". Jadi bibliolatreia adalah penyembahan kepada Alkitab yang dipercaya sebagai Allah. Bible-worship. Padahal orang Kristen, dilarang melakukan dosa syirik, yakni memperilah sesuatu yang bukan Allah.

Ciri-ciri Kristen bibliolatris:
1. Mereka menegaskan bahwa "Alkitab menjelaskan dirinya sendiri. Tak perlu ditafsir atau dijelaskan oleh manusia!" Ayat-ayat kitab suci harus dimengerti sebagaimana teks tertulisnya. Apa yang ditulis itu yang harus dilakukan.
2. Bagi kristen bibliolatris, menjelaskan teks Alkitab lewat ilmu-ilmu pengetahuan adalah sebuah perlawanan kepada Tuhan Alkitab sendiri yang, kata mereka, sudah berbicara dengan serba jelas dan serba benar, tak bisa salah. Alkitab tidak boleh dikaji secara ilmiah, sebab Alkitab berasal dari Allah yang melampaui semua ilmu.
3. Bagi mereka kitab suci adalah juga kitab sains, bahkan mengungguli semua sains yang sudah ada, dan juga memuat sains yang belum terungkap. Biasanya menghasilkan banyak sekali cocoklogi demi membuktikan bahwa kitab suci cocok dengan sains yang sedang berkembang.

Jika kamu termasuk seorang bibliolatris, yah silakan saja. Bukankah orang yang menyembah Mahameru, atau sebuah pohon besar, sebuah batu gunung, atau sebuah lukisan, atau juga sebuah benda langit seperti sang mentari, ada dalam dunia ini, dan mereka berhak beribadah menurut keyakinan mereka. Jadi kaum bibliolatris juga punya hak untuk beribadah menyembah Alkitab.

0 komentar:

Posting Komentar

Protected by Copyscape Duplicate Content Detection Tool

Delete this element to display blogger navbar