Pages

Sabtu, 13 Mei 2017

Robot Berkehendak Bebas

Robot Berkehendak Bebas

Ada seorang ilmuwan (dari kemarin ayah terus, sekarang ganti tokoh), dia membuat sebuah robot istimewa. Robot ini dia tanamkan sebuah program namanya "kehendak bebas." Robot boleh melakukan apapun sesuka hatinya, tanpa diprogram, itulah programnya.

Suatu kali, ilmuwan minta dibelikan senter di warung. Dari tempat ilmuwan ke warung ada 3 jalan. Jalan A, B, dan C.

Jalan A licin sekali dan jika tergelincir bisa membuat siapa pun jatuh ke jurang.
Jalan B mulus tanpa ada kendala, tapi butuh 5 hari baru tiba ke warung jika melalui jalan itu.
Jalan C banyak batu kerikil tajam, namun bisa sampai warung hanya dalam waktu setengah jam.

Si robot memilih untuk menggunakan jalan B Tapi si ilmuwan melarang, katanya itu bukan jalan terbaik. Akhirnya terjadilah perdebatan.

Robot: Aku ingin menggunakan jalan B. Kenapa tidak boleh?

Ilmuwan: Jalan B itu bukan jalan yang tepat. Aku memilihkan jalan terbaik untukmu.

Robot: Bukankah kau sudah memberikanku kehendak bebas? Jadi biarkanlah aku memilih apa yang menurutku baik

Ilmuwan: Kehendak bebas yang aku beri bukan berarti kamu boleh memilih jalan yang buruk. Kamu tetap harus memilik jalan yang baik.

Robot: Kenapa tidak sekalian saja dari awal kau ciptakan aku dengan program untuk mengikuti seluruh kemauanmu?

Ilmuwan: Tidak, aku mau kau memilih hal baik dengan kesadaran bukan karena paksaan.

Robot: Ya sudah, sekarang aku memilih jalan yang menurutku baik adalah jalan B.

Ilmuwan: Kamu harus memilih sesuatu yang baik menurutku, bukan menurutmu.

Robot: Hah? Jika aku harus mengikuti apa yang menurutmu baik, lalu untuk apa kau berikan aku kehendak bebas?

Menurut teman-teman, ilmuwan seperti apakah dia?

0 komentar:

Posting Komentar

Protected by Copyscape Duplicate Content Detection Tool

Delete this element to display blogger navbar