Pages

Rabu, 28 Desember 2016

MENGENAL AGAMA LAIN

MENGENAL AGAMA LAIN

Jika kita ingin mengenal agama lain dengan baik, silakan lakukan beberapa hal ini:
1. Belajarlah dengan pemuka agama yang mempelajari ilmu perbandingan agama. Bukan pemuka agama yang suka mengutip-ngutip ayat agama lain tanpa tahu konteksnya.
2. Pelajarilah ilmu perbandingan agama. Banyak buku-buku tentang hal tersebut. Buku perbandingan agama berbeda dengan buku yang berisi kekurangan agama lain yang akhirnya dijadikan alat menyerang dan berdebat.
3. Rendah hatilah bahwa agama lain memiliki kebenaran yang tidak kita yakini tetapi mereka yakini. Keindahan yang belum pernah kita lihat tetapi itu eksis.

Semuanya bisa bilang mereka belajar perbandingan agama tetapi perbandingan agama yang baik memiliki ciri:
1. Membuka wawasan kita tentang agama lain. Melihat keindahan dalam agama lain dan melihat juga keindahan di dalam agama kita. Membuat kita menghargai agama lain dan makin mencintai agama kita.
2. Membuat kita melihat titik temu dalam agama lain yang bisa kita jadikan dialog, bukan mencari-cari titik tengkar yang hanya kita jadikan bahan debat.
3. Mempelajari agama lain tidak hanya kitab sucinya tetapi juga sosiologi, psikologi, sejarah, filsafat dan beberapa hal lainnya yang membuat kita melihat sebuah agama secara holistik. Karena agama tidak hanya terdiri dari kitab suci saja.
4. Tidak membuat kita ingin menyerang agama lain saat melihat ada kekurangan dalam agama mereka tapi justru membuat kita penasaran untuk mempelajarinya lebih jauh lagi.

0 komentar:

Posting Komentar

Protected by Copyscape Duplicate Content Detection Tool

Delete this element to display blogger navbar