Pages

Rabu, 28 Desember 2016

ORANG KRISTEN YANG TIDAK MENGENAL KEKRISTENAN

ORANG KRISTEN YANG TIDAK MENGENAL KEKRISTENAN

Walaupun saya kristen, tidak menjamin saya tahu semua hal tentang kekristenan. Beberapa kali menggarap buku dari gereja aliran kekristenan yang berbeda dengan saya, membuat saya tergagap-gagap tapi juga sekaligus belajar hal baru.

Saya harus mencari tahu mimbar gerejanya seperti apa, ada yang pakai mimbar super besar namun ada juga yang hanya pakai tempat partitur lagu. Pendetanya berdiri di mana saat khotbah, ada yang di mimbar tapi ada juga yang keluar dari mimbar. Jemaatnya berdoa dengan posisi seperti apa karena tidak semua gereja, umatnya berdoa dengan tangan terlipat dan kepala tertunduk.

Belum lagi istilah-istilah yang dipakai. Setiap aliran kekristenan mempunyai istilahnya sendiri.  Misalnya doa berkeliling, doa labirin, doa penyembahan selama 1 jam, altar call, janji iman, baptis roh kudus, dan masih banyak yang lainnya.

Orang kristen saja belum tentu bisa mengenal kekristenan seluruhnya, jadi bagaimana mungkin orang di luar kristen bisa langsung mendeklarkan diri bahwa mereka tahu kristen itu seperti apa? Menggeneralisasikan segala sesuatu memang tidak baik.

Kita juga sebagai umat Kristen, tidak bisa mengatakan bahwa kita sudah mengenal Islam, Hindu, Budha, atau Katolik dengan baik. Karena setiap agama itu luas dan beragam. Jadi mari hentikan usaha menggeneralisasikan suatu agama.

Mari melihat setiap agama dan alirannya secara partikular, menurut keunikannya masing-masing. Dan rendah hatilah saat mencoba mempelajari agama lain atau aliran lain.

0 komentar:

Posting Komentar

Protected by Copyscape Duplicate Content Detection Tool

Delete this element to display blogger navbar