Pages

Sabtu, 24 Desember 2016

ORANG KAFIR DAN ORANG TERKUTUK

ORANG KAFIR DAN ORANG TERKUTUK

Ada beberapa kalangan teman muslim yang melekatkan kata "kafir" kepada kami yang non muslim. Lalu mereka berpendapat bahwa itu memang sudah menjadi keharusan dalam agamanya dan ada di dalam kitab sucinya, untuk menyebut non muslim sebagai kafir. Padahal kami semua punya identitas yaitu Kristen, Katholik, Budha, Hindu dan Konghucu.
Mengapa masih menyebut kami kafir? Mengapa tidak menyebut nama agama kami saja? Repot karena harus sebut satu-satu? Ya sudah, kenapa tidak sebut non-muslim saja? Menurut saya menyebut kami sebagai non-muslim sudah cukup tanpa embel-embel kafir.
Jujur, kata kafir yang diberikan untuk kami itu menyakitkan. Mungkin bagi rekan-rekan muslim itu biasa saja.
Bagaimana jika saya memanggil umat non kristen sebagai "orang terkutuk," termasuk rekan-rekan muslim di dalamnya.
Bayangkan apabila kami menyebut atau menulis seperti ini, "Umat terkutuk sedang beribadah di monas".
Apakah teman-teman sakit hati? Kenapa harus sakit hati? Umat terkutuk adalah istilah untuk mereka yang tidak percaya dan mengikuti perintah Tuhan dan kitab suci kami. Silakan baca kutipan ayat yang saya berikan sebagai buktinya.

Teman-teman pasti sakit hati saat dikatakan umat terkutuk, walaupun itu adalah ajaran di agama kami. Seperti itu jugalah kami sakit hati saat teman-teman menyebut kami kafir.

Oleh karena itulah, kami tidak menyebut teman-teman sebagai umat terkutuk karena kami tahu sebutan itu menyakitkan. Kami lebih suka menyebut nama agama teman-teman karena agama teman-teman punya nama yang perlu diakui. Dan kami menghargai itu.

Mazmur 119:21 (TB)  Engkau menghardik orang-orang yang kurang ajar, terkutuklah orang yang menyimpang dari perintah-perintah-Mu.

Yeremia 11:3-5 (TB) Katakanlah kepada mereka: Beginilah firman TUHAN, Allah Israel: Terkutuklah orang yang tidak mendengarkan perkataan-perkataan perjanjian ini, yang telah Kuperintahkan kepada nenek moyangmu pada waktu mereka Kubawa keluar dari tanah Mesir, dari dapur peleburan besi, dengan berfirman: Dengarkanlah suara-Ku dan lakukanlah segala apa yang Kuperintahkan kepadamu, maka kamu akan menjadi umat-Ku dan Aku akan menjadi Allahmu, sehingga Aku dapat menepati sumpah yang telah Kuikrarkan kepada nenek moyangmu untuk memberikan kepada mereka tanah yang berlimpah-limpah susu dan madunya, seperti halnya pada waktu ini." Lalu jawabku: "Begitulah hendaknya, ya TUHAN!"

Yohanes 7:49 (TB)  Tetapi orang banyak ini yang tidak mengenal hukum Taurat, terkutuklah mereka!"

Roma 1:28-29 (TB)  Dan karena mereka tidak merasa perlu untuk mengakui Allah, maka Allah menyerahkan mereka kepada pikiran-pikiran yang terkutuk, sehingga mereka melakukan apa yang tidak pantas:
penuh dengan rupa-rupa kelaliman, kejahatan, keserakahan dan kebusukan, penuh dengan dengki, pembunuhan, perselisihan, tipu muslihat dan kefasikan.

Galatia 1:8 (TB)  Tetapi sekalipun kami atau seorang malaikat dari sorga yang memberitakan kepada kamu suatu injil yang berbeda dengan Injil yang telah kami beritakan kepadamu, terkutuklah dia.

0 komentar:

Posting Komentar

Protected by Copyscape Duplicate Content Detection Tool

Delete this element to display blogger navbar