Pages

Sabtu, 24 Desember 2016

LAUNCHING BUKU DI GRAMEDIA

LAUNCHING BUKU DI GRAMEDIA

Banyak penulis baru yang telah menerbitkan buku/komik, ingin launching di gramedia. Salahkah? Tidak... hanya mari kita pertimbangkan baik-baik beberapa hal ini.

Keuntungan:
1. Dengan launching di gramedia, mereka yang sedang mencari buku di gramedia, akan tahu bahwa ada buku kita di sana. Tapi hanya di gramedia tempat kita launching, tidak di gramedia yang lainnya.
2. Hanya itu keuntungannya, sejauh pengamatan saya. Jangan samakan dengan penulis/komikus yang sudah terkenal, karena saat mereka launching, penggemar mereka akan berdatangan. Tapi jika kita bisa mengundang media untuk meliput acara kita, maka kabar tentang buku kita bisa menyebar ke tempat lain. Tapi, sebenarnya kalo ingin mengundang media, tidak harus launching di gramedia, di manapun juga bisa.

Kerugian:
1. Untuk penulis pemula, kita sendiri yang harus mengundang massa untuk hadir dalam acara launching kita. Tanpa itu, yakinlah acara kita pasti sepi. Biasanya pihak gramedia akan menanyakan berapa massa yang akan kita bawa. Jadi sebenarnya, di gramedia kita cuma numpang untuk kumpul dengan teman-teman kita.
2. Kebanyakan gramedia menargetkan sejumlah buku harus terjual saat launching, misalnya 50 buku. Jika tidak terjual sampai 50 maka kita yang harus membelinya. Misal hanya terjual 5 buku, maka kita/penerbit harus membeli 45 buku dengan harga normal. Misal harga buku 50.000 maka 45 x 50.000. Nah mari kita hitung-hitungan, saat buku masuk gramedia, penerbit hanya mendapatkan dana 40% dari harga jual. Misal harga jual 50rb maka penerbit hanya dapat 20ribu. Nah saat launching penerbit harus bayar 50rb,  lalu nanti saat laporan penjualan, penerbit akan mendapatkan 20rb per-eksemplar. Itu artinya, per-eksemplarnya penerbit akan rugi 30rb untuk acara launching. Jika tidak laku 45 maka 45x30rb.
3. Yang beli, kebanyakan tamu undangan kita. Pengunjung belum tentu, bahkan tidak terlalu banyak yang beli jika kita belum terkenal atau tema bukunya tidak terlalu menarik.
4. Modal cetak backdrop/banner

Nah sekarang mari perhatikan jika kita launching di luar gramedia:

Keuntungan:
1. Semua hasil penjualan 100% masuk ke kita/penerbit
2. Kita mengundang teman-teman kita yang hadir, dan nantinya mereka juga yang akan membeli. Tapi tidak ada target penjualan, seandainya tidak laku sampai 50, kita tidak perlu keluar dana lagi untuk membeli buku tersebut.

Kerugian:
1. Mereka yang ke gramedia, ga ada yang tahu soal buku kita ada di sana. Yah walau ga terlalu ngefek juga sih, karena launching pun yang tahu hanya segelintir orang.
2. Tetap harus mengundang massa, tapi setidaknya penjualan 100% untuk kita.
3. Masih perlu modal cetak backdrop/banner.
4. Perlu sewa tempat, tapi ada juga beberapa kafe yang memberikan tempat gratis jika kita bisa membawa massa banyak.

Nah sekarang, jika teman-teman mau launching buku, silakan pertimbangkan hal ini. Jika mau di gramedia, bawalah teman sebanyak-banyaknya agar target penjualan terpenuhi. Atau cari gramedia yang tidak memberikan target penjualan, walau sudah mulai langka sekarang. Biasanya gramedia besar, pasti memberikan target penjualan.

0 komentar:

Posting Komentar

Protected by Copyscape Duplicate Content Detection Tool

Delete this element to display blogger navbar