Pages

Rabu, 28 Desember 2016

AJARAN KEKRISTENAN YANG PATUT DITERTAWAKAN

AJARAN KEKRISTENAN YANG PATUT DITERTAWAKAN

1. Tentang Anak
Sesungguhnya, selain pemahaman Yesus sebagai Anak Tuhan. Ada beberapa juga pemahaman anak di dalam Alkitab yang bisa kita tertawakan karena ga masuk akal. Mari kita lihat satu-satu.

A. Anak Allah ada banyak, bukan hanya Yesus
Anak Allah selain Yesus ternyata ada banyak yang lainnya. Bahkan ada anak laki-laki dan perempuan. Lalu siapa yang membidani anak sebanyak itu? Bahkan anak-anak Allah itu kawin-mawin dengan anak-anak manusia. Jadi, Tuhan bisa besanan sama manusia? Hahaha

Kejadian 6:1-2 (TB)  Ketika manusia itu mulai bertambah banyak jumlahnya di muka bumi, dan bagi mereka lahir anak-anak perempuan, maka anak-anak Allah melihat, bahwa anak-anak perempuan manusia itu cantik-cantik, lalu mereka mengambil isteri dari antara perempuan-perempuan itu, siapa saja yang disukai mereka.

2 Korintus 6:18 (TB)  Dan Aku akan menjadi Bapamu, dan kamu akan menjadi anak-anak-Ku laki-laki dan anak-anak-Ku perempuan demikianlah firman Tuhan, Yang Mahakuasa."

B. Anak Domba Allah
Yesus disebut Anak Domba Allah. Bukankah ini penghinaan kepada Yesus dan Allah? Bagaimana mungkin Allah dan Yesus disamakan dengan domba? Haha

Yohanes 1:36 (TB)  Dan ketika ia melihat Yesus lewat, ia berkata: "Lihatlah Anak domba Allah!"

Wahyu 7:10 (TB)  Dan dengan suara nyaring mereka berseru: "Keselamatan bagi Allah kami yang duduk di atas takhta dan bagi Anak Domba!"

C. Anak-anak Terang
Alkitab juga menyebut bahwa orang kristen adalah anak-anak terang. Bagaimana caranya terang bisa beranak? Siapa yang membidaninya? Haha

Lukas 16:8 (TB)  Lalu tuan itu memuji bendahara yang tidak jujur itu, karena ia telah bertindak dengan cerdik. Sebab anak-anak dunia ini lebih cerdik terhadap sesamanya dari pada anak-anak terang.

Yohanes 12:36 (TB)  Percayalah kepada terang itu, selama terang itu ada padamu, supaya kamu menjadi anak-anak terang."

1 Tesalonika 5:5 (TB)  karena kamu semua adalah anak-anak terang dan anak-anak siang. Kita bukanlah orang-orang malam atau orang-orang kegelapan.

2. Mempelai Yesus

Selain ajaran soal anak, ada juga ajaran lucu lainnya yaitu mempelai Yesus. Umat Kristen dianggap sebagai mempelai Yesus. Yesus kan satu, sedangkan umat Kristen banyak. Jadi Yesus poligami? Yesus cowok, bagaimana dengan umat kristen yang cowok, mempelai Yesus juga? Homo dong? Haha

Wahyu 19:7 (TB)  Marilah kita bersukacita dan bersorak-sorai, dan memuliakan Dia! Karena hari perkawinan Anak Domba telah tiba, dan pengantin-Nya telah siap sedia.

Wahyu 21:9 (TB)  Maka datanglah seorang dari ketujuh malaikat yang memegang ketujuh cawan, yang penuh dengan ketujuh malapetaka terakhir itu, lalu ia berkata kepadaku, katanya: "Marilah ke sini, aku akan menunjukkan kepadamu pengantin perempuan, mempelai Anak Domba."

3. Roti Hidup
Yesus mengatakan bahwa Dia adalah roti hidup dan kita diminta untuk memakannya. Jadi kita diajak jadi kanibal gitu? Hahaha

Yohanes 6:51 (TB)  Akulah roti hidup yang telah turun dari sorga. Jikalau seorang makan dari roti ini, ia akan hidup selama-lamanya, dan roti yang Kuberikan itu ialah daging-Ku, yang akan Kuberikan untuk hidup dunia."

4. Batu
Di dalam Alkitab, Yesus juga disamakan dengan batu. Wah bukannya itu penghinaan, masa Yesus disamakan dengan benda mati? Lagian, kalo Yesus adalah batu, berarti Dia ga punya hati dong? Haha

A. Batu Penjuru
Efesus 2:19-20 (TB)  Demikianlah kamu bukan lagi orang asing dan pendatang, melainkan kawan sewarga dari orang-orang kudus dan anggota-anggota keluarga Allah,
yang dibangun di atas dasar para rasul dan para nabi, dengan Kristus Yesus sebagai batu penjuru.

B. Batu Karang
1 Korintus 10:3-4 (TB)  Mereka semua makan makanan rohani yang sama 
dan mereka semua minum minuman rohani yang sama, sebab mereka minum dari batu karang rohani yang mengikuti mereka, dan batu karang itu ialah Kristus.

5. Biji Mata Allah
Umat kristen juga dianggap sebagai biji mata Allah. Berarti umat kristen bisa melihat apa saja yang terjadi di dunia? Mata Allah kan bisa melihat apapun yang terjadi di dunia. Haha

Ulangan 32:10 (TB)  Didapati-Nya dia di suatu negeri, di padang gurun, di tengah-tengah ketandusan dan auman padang belantara. Dikelilingi-Nya dia dan diawasi-Nya, dijaga-Nya sebagai biji mata-Nya.

Sebenarnya masih banyak ajaran kekristenan yang bisa kita tertawakan. Bukan hanya kekristenan, tetapi juga agama lain jika kita tidak mau melihat teks kitab suci berdasarkan genre dan konteks tulisannya.

Kita mengabaikan bahwa kitab suci ditulis menggunakan bahasa simbol, berbagai macam sastra dan majas. Memahami kutipan kitab suci agama lain secara harafiah akhirnya membuat kita tertawa bahagia karena merasa berhasil melihat kebodohan agama lain, tanpa kita sadar sebenarnya kita sedang membuat diri kita sendiri tampak bodoh di mata umat agama lain.

Untuk membaca lebih lanjut tentang kitab suci umat kristen, bisa membaca sedikit ulasan saya di sini.

http://ketozia.blogspot.co.id/2016/07/bagaimana-memahami-kitab-suci-umat.html?m=1

0 komentar:

Posting Komentar

Protected by Copyscape Duplicate Content Detection Tool

Delete this element to display blogger navbar