Pages

Rabu, 28 Desember 2016

PEMUKA AGAMA BERPENDUKUNG BESAR

PEMUKA AGAMA BERPENDUKUNG BESAR

Di saat tokoh agama memiliki banyak pendukung, maka akan berbahaya jika tidak diimbangi dengan kerendahan hati. Apa bahayanya:

1. Anti kritik. Saat ada yang mengkritik dirinya maka dia akan memanas-manasi pendukungnya bahwa agama mereka dikritik. Padahal yang dikritik adalah tokoh agamanya.
2. Saat tokoh agama melakukan kesalahan, para pendukung akan berusaha melihat dia tidak salah sehingga tokoh agama tidak akan pernah sadar bahwa mereka pun bisa berbuat salah. Mereka manusia yang harus terus menerus memperbaiki diri, sama seperti manusia lainnya.
3. Jika ada yang tidak suka dengan kearogansian si tokoh agama, dia akan menggerakkan masa untuk menjadi tameng atau pion penyerang dengan dalih, melindungi agama dari penghinaan. Padahal sejatinya hanya untuk melindungi diri sendiri.
4. Saat usia sudah lanjut dan harus turun dari jabatannya, dia tidak akan rela (post power syndrome). Seandainya dia rela, para pendukungnya tidak akan rela karena merasa tidak akan menemukan pemimpin yang lebih baik darinya. Padahal organisasi apapun butuh yang namanya regenerasi.
5. Di saat tokoh agama mampu menggerakkan begitu banyak masa dalam sekali himbauan, maka dia akan merasa bisa melakukan apapun sesukanya.

"Dibalik dukungan yang besar, dibutuhkan kerendahan hati yang jauh lebih besar."

0 komentar:

Posting Komentar

Protected by Copyscape Duplicate Content Detection Tool

Delete this element to display blogger navbar