Pages

Sabtu, 26 Agustus 2017

JIKA SEMUA SATU AGAMA

JIKA SEMUA SATU AGAMA

Mari kita berimajinasi seandainya semua manusia memeluk agama yang sama denganmu. Itu artinya hanya ada 1 agama di dunia. Lalu apakah tidak akan ada lagi pertikaian karena agama? Saya yakin pasti tetap ada.
Coba sekarang lihat saja ke agamamu masing-masing. Apakah ada pertengkaran karena berbeda ritual, tradisi, dan cara menyikapi sebuah masalah? Jangan bilang tidak ada. Ada banyak dan teramat banyak. Tidak usah jauh-jauh, beda pilihan tokoh politik saja, satu agama yang sama bisa saling tuduh dan hujat. Itu baru soal pilihan politik belum masalah yang lain. Dan percayalah, permasalahan hidup manusia sungguh amat banyak dan kompleks. Dalam usaha menyelesaikannya, akan banyak keluar ajaran dan pendapat yang pasti berbeda satu golongan dengan golongan yang lainnya.
Dan tahukah kamu, walaupun agamanya sama namun berbeda negara, maka akan banyak perbedaan yang timbul. Ga usah jauh-jauh, misalkan saja agama A di Indonesia dengan agama A di India. Ritual, tradisi, bahkan peralatan untuk ibadahnya pun berbeda. Dan di dunia ini, ada banyak sekali negara. Jadi walaupun suatu saat seluruh dunia beragama sama, menggunakan kitab yang sama dan berTuhan yang sama,perbedaan tetap akan ada. Pertikaian atas usaha untuk memonopoli kebenaran pun tetap akan ada.
Karena yang jadi masalah bukanlah perbedaan agamanya, tapi... keegoisanmu.

0 komentar:

Posting Komentar

Protected by Copyscape Duplicate Content Detection Tool

Delete this element to display blogger navbar