Pages

Jumat, 14 Desember 2012

CIRI-CIRI PENCOPET




CIRI-CIRI PENCOPET

Hampir setiap hari sekarang saya bertemu dengan pencopet. Saya jadi  sedikitnya tau ciri-ciri pencopet. Agar tidak ada dari teman-teman yang menjadi korban pencopet saya berikan beberapa ciri-ciri pencopet.

Ciri-ciri pencopet di bus: 

  1. Tas ransel. Tasnya diletakkan di dpn dada. Tasnya kempes/tak berisi.
  2. Salah 1 tangannya tdk terlihat, ketutupan tas krn sdg beraksi
  3. Selalu mepet dgn korban. Selalu berada di belakang korban.
  4. Berada di dkt pintu. Mrk bs duduk, klo ad yg mau turun mrk berdiri.
  5. Pakaiannya rapi seperti karyawan

Ciri-ciri pencopet di angkot:

  1. Dia bw tas kempes. Ga ada isinya. Itu untuk nutupin tangannya pas mau nyopet. Jgn sekali2 tas taro di belakang ato di samping. Dekap di dpn
  2.  Dia bw jaket. Jaketnya ga dipake tp ditaro di tangan. Itu buat nutupin tangannya pas mau nyopet. Klo ad yg nutupin tangan pk jaket hati2
  3. Mrk tdk sendiri, biasanya ber 2/3. Jd klo km lht ad yg copet jgn lgsg triak. bahaya. Tunggu 1-1 trn. Mrk biasanya trn di tmpt berbeda.
  4. Klo km lht tangannya yg 1 mulai ga keliatan, hati2 mgkn dia sedang berusaha mencopet.

Ciri-ciri pencopet di kereta api (eksekutif, yang tidak ada penjual asongannya) yang jarak tempuhnya jauh sehingga membuat penumpang biasanya tertidur lelap karena mengantuk dan lelah:

  1. Dia duduk di samping kita, lalu menyapa dengan ramah. Pakaiannya pun rapi. Dia membawa tas yang berisi sesuatu, tidak kempes seperti pencopet di bus/angkot. Tas itu berisi buku besar atau barang lain yang nantinya akan ditukar dengan barang milik kita.
  2.  Mereka akan mulai bertanya-tanya. Pertanyaan umum yang akan ditanyakan adalah dari mana dan mau ke mana. Dia bertanya kita mau ke mana tujuaannya agar dia tau kapan waktu yang tepat untuk mengambil barang kita dan di stasiun mana merek harus turun. setelah dia bertanya kita turun dmn, coba Tanya balik dia turun dmn. Jika dia blg turun di salah satu stasiun sebelum stasiun tempat kita turun maka berhati-hatilah.
  3.  Perjalanan jauh biasanya tas kita ditaruh di bagasi atas. Ketika kita tertidur pulas sang pencopet pun beraksi. Karena tas kita taruh di bagasi atas maka kita tidak akan tahu sama sekali bahwa barang kita telah berpindah tempat. Untuk membuat kita tidak sadar bahwa barang kita hilang ketika kita bangun, mereka mengganti barang kita dengan barang lain yang sudah mereka siapkan sebelumnya yang beratnya tidak jauh beda dengan barang milik kita, misal laptop kita ditukar dengan 2 buku besar yang biasa dipakai untuk pelajaran akuntansi. Lebih baik memang tas didekap erat oleh kita supaya aman dan jangan tertidur terlalu pulas. Jika mau tidur perhatikan terlebih dahulu orang di sebelah kita apakah sesuai dengan ciri-ciri yang saya sebutkan di atas. Berhati-hati.
  4. Jika menggunakan kereta ekonomi justru harus jauh lebih hati-hati, pencopetnya kebanyakan pedagang asongan.

 Tips: Jika kita membawa uang banyak atau surat-surat penting di dompet, lebih baik diselipkan di dalam tas, di tempat yang berbeda-beda, jadi jika hilang hanya dompetnya saja. Sisakan sedikit uang di dompet, buat ongkos copetnya pulang, haha. Hati-hati yah teman-teman.

0 komentar:

Posting Komentar

Protected by Copyscape Duplicate Content Detection Tool

Delete this element to display blogger navbar