Kamis, 16 September 2010

WEB KISAH-KISAH PENEMU DAN TEMUANNYA

Mau belajar banyak, kisah dari mereka yang telah membantu kita dalam banyak hal melalui temuan-temuannya yg kreatif?

klik aj di http://kisahpenemu.wordpress.com/2010/ atau http://kamuspenemu.blogspot.com/

selamat belajar....

CIKAL BAKAL SEPEDA



"Sepeda adalah alat transportasi yang dikenal di Indonesia dengan nama Kereta Angin, karena digerakkan tanpa menggunakan motor. Dari bangunan itulah Sepeda motor itu berasal.

Konon nenek moyang sepeda berasal dari Prancis. Sejak awal abad ke-18, alat transportasi roda dua yang dinamai velocipede dikenal di negara tersebut. Kontruksinya pun masih sangat sederhana, karena belum menggunakan besi. Dengan model yang masih sangat “primit”, sepeda saat itu tidak menggunakan tongkat kemudi (setang), dan konstruksinya dari kayu.

Baron Karls Drais von Sauerbronn seorang pria Jerman. Atas dasar pengabdian kerjanya (penjaga hutan), dia menyempurnakan velocipede.

Sepeda modern mulai terbentuk pada tahun 1839, oleh seorang warga negara Skotlandia yang bernama Kirkpatrick MacMillan.

Sedangkan penyempurnaan sepedadi lakukan oleh Ernest Michaux, Prancis pada tahun 1855, dengan membuat pemberat engkol. Kesempurnaan Sepeda modern lebih diperkuat lagi oleh seorang warga Negara Prancis juga yang bernama Pierre Lalle ment pada tahun 1865, dimana dia memperkuat roda dengan menggunakan lingkaran besi disekelilingnya (pelek atau velg). Lellement juga yang memperkenalkan sepeda dengan roda depan lebih besar daripada roda belakang."

Sejarah sepeda bermula di Eropa. Sekitar tahun 1790, sebuah sepeda pertama berhasil dibangun di Inggris. Cikal bakal sepeda ini diberi nama Hobby Horses dan Celeriferes. Keduanya belum punya mekanisme sepeda zaman sekarang, batang kemudi dan sistem pedal. Yang ada hanya dua roda pada sebuah rangka kayu. Bisa dibayangkan, betapa canggung dan besar tampilan kedua sepeda tadi. Meski begitu, mereka cukup menolong orang-orang pada masa itu untuk berjalan.

Penemuan fenomenal dalam kisah masa lalu sepeda tercipta berkat Baron Karl Von Drais. Von Drais yang tercatat sebagai mahasiswa matematik dan mekanik di Heidelberg, Jerman berhasil melakukan terobosan penting, yang ternyata merupakan peletak dasar perkembangan sepeda selanjutnya.
Oleh Von Drais, Hobby Horse dimodifikasi hingga mempunyai mekanisme kemudi pada bagian roda depan. Dengan mengambil tenaga gerak dari kedua kaki, Von Drais mampu meluncur lebih cepat saat berkeliling kebun. Ia sendiri menyebut kendaraan ini dengan nama, Draisienne. Beritanya sendiri dimuat di koran lokal Jerman pada 1817. Proses penciptaan selanjutnya dilakukan Kirkpatrick Macmillan. Pada tahun 1839, ia menambahkan batang penggerak yang menghubungkan antara roda belakang dengan ban depan Draisienne. Untuk menjalankannya, tinggal mengayuh pedal yang ada.

James Starley mulai membangun sepeda di Inggris di tahun 1870. Ia memproduksi sepeda dengan roda depan yang sangat besar (high wheel bicycle) sedang roda belakangnya sangat kecil. Sepeda jenis ini sangat populer di seluruh Eropa. Sebab Starley berhasil membuat terobosan dengan mencipta roda berjari-jari dan metode cross-tangent. Sampai kini, kedua teknologi itu masih terus dipakai. Buntutnya, sepeda menjadi lebih ringan untuk dikayuh.
Sayangnya, sepeda dengan roda yang besar itu memiliki banyak kekurangan. Ini menjadi dilema bagi orang-orang yang berperawakan mungil dan wanita. Karena posisi pedal dan jok yang cukup tinggi, mereka mengeluhkan kesulitan untuk mengendarainya.
Sampai akhirnya, keponakan James Starley, John Kemp Starley menemukan solusinya. Ia menciptakan sepeda yang lebih aman untuk dikendarai oleh siapa saja pada 1886. Sepeda ini sudah punya rantai untuk menggerakkan roda belakang dan ukuran kedua rodanya sama. Namun penemuan tak kalah penting dilakukan John Boyd Dunlop pada 1888. Dunlop berhasil menemukan teknologi ban sepeda yang bisa diisi dengan angin (pneumatic tire). Dari sinilah, awal kemajuan sepeda yang pesat. Beragam bentuk sepeda berhasil diciptakan.
Seperti diketahui kemudian, sepeda menjadi kendaraan yang mengasyikkan. Di Indonesia, perkembangan sepeda banyak dipengaruhi oleh kaum penjajah, terutama Belanda. Mereka memboyong sepeda produksi negerinya untuk dipakai berkeliling menikmati segarnya alam Indonesia. Kebiasaan itu menular pada kaum pribumi berdarah biru. Akhirnya, sepeda jadi alat transpor yang bergengsi.

Seperti ditulis Ensiklopedia Columbia, nenek moyang sepeda diperkirakan berasal dari Prancis. Menurut kabar sejarah, negeri itu sudah sejak awal abad ke-18 mengenal alat transportasi roda dua yang dinamai velocipede. Bertahun-tahun, velocipede menjadi satu-satunya istilah yang merujuk hasil rancang bangun kendaraan dua roda. Yang pasti, konstruksinya belum mengenal besi. Modelnya pun masih sangat “primitif”. Ada yang bilang tanpa engkol, pedal tongkat kemudi (setang). Ada juga yang bilang sudah mengenal engkol dan setang, tapi konstruksinya dari kayu.

Adalah seorang Jerman bernama Baron Karls Drais von Sauerbronn yang pantas dicatat sebagai salah seorang penyempurna velocipede. Tahun 1818, von Sauerbronn membuat alat transportasi roda dua untuk menunjang efisiensi kerjanya. Sebagai kepala pengawas hutan Baden, ia memang butuh sarana transportasi bermobilitas tinggi. Tapi, model yang dikembangkan tampaknya masih mendua, antara sepeda dan kereta kuda. Sehingga masyarakat menjuluki ciptaan sang Baron sebagai dandy horse.

Baru pada 1839, Kirkpatrick MacMillan, pandai besi kelahiran Skotlandia, membuatkan “mesin” khusus untuk sepeda. Tentu bukan mesin seperti yang dimiliki sepeda motor, tapi lebih mirip pendorong yang diaktifkan engkol, lewat gerakan turun-naik kaki mengayuh pedal. MacMillan pun sudah “berani” menghubungkan engkol tadi dengan tongkat kemudi (setang sederhana).

Sedangkan ensiklopedia Britannica.com mencatat upaya penyempurnaan penemu Prancis, Ernest Michaux pada 1855, dengan membuat pemberat engkol, hingga laju sepeda lebih stabil. Makin sempurna setelah orang Prancis lainnya, Pierre Lallement (1865) memperkuat roda dengan menambahkan lingkaran besi di sekelilingnya (sekarang dikenal sebagai pelek atau velg). Lallement juga yang memperkenalkan sepeda dengan roda depan lebih besar daripada roda belakang. Namun kemajuan paling signifikan terjadi saat teknologi pembuatan baja berlubang ditemukan, menyusul kian bagusnya teknik penyambungan besi, serta penemuan karet sebagai bahan baku ban. Namun, faktor safety dan kenyamanan tetap belum terpecahkan. Karena teknologi suspensi (per dan sebagainya) belum ditemukan, goyangan dan guncangan sering membuat penunggangnya sakit pinggang. Setengah bercanda, masyarakat menjuluki sepeda Lallement sebagai boneshaker (penggoyang tulang). Sehingga tidak heran jika di era 1880-an, sepeda tiga roda yang dianggap lebih aman buat wanita dan laki-laki yang kakinya terlalu pendek untuk mengayuh sepeda konvensional menjadi begitu populer. Trend sepeda roda dua kembali mendunia setelah berdirinya pabrik sepeda pertama di Coventry, Inggris pada 1885. Pabrik yang didirikan James Starley ini makin menemukan momentum setelah tahun 1888 John Dunlop menemukan teknologi ban angin. Laju sepeda pun tak lagi berguncang.

Penemuan lainnya, seperti rem, perbandingan gigi yang bisa diganti-ganti, rantai, setang yang bisa digerakkan, dan masih banyak lagi makin menambah daya tarik sepeda. Sejak itu, berjuta-juta orang mulai menjadikan sepeda sebagai alat transportasi, dengan Amerika dan Eropa sebagai pionirnya. Meski lambat laun, perannya mulai disingkirkan mobil dan sepeda motor, sepeda tetap p unya pemerhati. Bahkan penggemarnya dikenal sangat fanatik.

Kini, sepeda punya beragam nama dan model. Ada sepeda roda tiga buat balita, sepeda mini, “sepeda kumbang”, hingga sepeda tandem buat dikendarai bersama. Bahkan olahraga balap sepeda mengenal sedikitnya tiga macam perangkat lomba. Yakni “sepeda jalan raya” untuk jalanan mulus yang memiliki sampai 16 kombinasi gir yang berbeda, “sepeda track” dengan hanya 1 gigi serta “sepeda gunung” yang memiliki 24 gigi.


SECUPLIK CERITA TENTANG INTERNET

Internet telah membuat revolusi dunia komputer dan dunia komunikasi yang tidak pernah diduga sebelumnya.Penemuan telegram, telepon, radio, dan komputer merupakan rangkaian kerja ilmiah yang menuntun menuju terciptanya Internet yang lebih terintegrasi dan lebih berkemampuan dari pada alat-alat tersebut. Internet memiliki kemampuan penyiaran ke seluruh dunia, memiliki mekanisme diseminasi informasi, dan sebagai media untuk berkolaborasi dan berinteraksi antara individu dengan komputernya tanpa dibatasi oleh kondisi geografis.

Internet merupakan sebuah contoh paling sukses dari usaha investasi yang tak pernah henti dan komitmen untuk melakukan riset berikut pengembangan infrastruktur teknologi informasi. Dimulai dengan penelitian packet switching (paket pensaklaran), pemerintah, industri dan para civitas academica telah bekerjasama berupaya mengubah dan menciptakan teknologi baru yang menarik ini. Hari ini, kata-kata seperti "bleiner@computer.org" dan "http://www.acm.org" sudah menjadi kebiasaan yang mudah diucapkan orang di jalanan.

Tulisan ini hanya merupakan sebuah uraian singkat dan tidak menguraikan secara rinci sejarah internet. Banyak tulisan yang mudah anda dapat berkaitan dengan Internet, sejarahnya, teknologinya dan penggunaannya. Di toko buku anda dapat memilih sendiri buku-buku tentang Internet. 2 . Dalam tulisan ini, 3 beberapa dari para penulis terlibat dalam pengembangan dan evolusi teknologi internet khususnya dalam penemuan dan sejarahnya. Sejarah intenet dapat dibagi dalam empat aspek yaitu

1.Adanya aspek evolusi teknologi yang dimulai dari riset packet switching (paket pensaklaran) ARPANET (berikut teknologi perlengkapannya) yang pada saat itu dilakukan riset lanjutan untuk mengembangkan
wawasan terhadap infrastruktur komunikasi data yang meliputi beberapa dimensi seperti skala,performannce/kehandalan, dan kefungsian tingkat tinggi.

2.Adanya aspek pelaksanaan dan pengelolaan sebuah infrastruktur yang global dan kompleks.

3.Adanya aspek sosial yang dihasilkan dalam sebuah komunitas masyarakat besar yang terdiri dari para Internauts yang bekerjasama membuat dan mengembangkan terus teknologi ini.

4.Adanya aspek komersial yang dihasilkan dalam sebuah perubahan ekstrim namun efektif dari sebuah penelitian yang mengakibatkan terbentuknya sebuah infrastruktur informasi yang besar dan berguna. Internet sekarang sudah merupakan sebuah infrastruktur informasi global (widespread information infrastructure), yang awalnya disebut "the National (atau Global atau Galactic) Information Infrastructure" di Amerika Serikat. Sejarahnya sangat kompleks dan mencakup banyak aspek seperti teknologi, organisasi, dan komunitas. Dan pengaruhnya tidak hanya terhadap bidang teknik komunikasi komputer saja tetapi juga berpengaruh kepada masalah sosial seperti yang sekarang kita lakukan yaitu kita banyak mempergunakan alat-alat bantu on line untuk mencapai
sebuah bisnis elektronik (electronic commerce), pemilikan informasi dan berinteraksi dengan masyarakat.

Penemuan Internet

Sebuah rekaman tulisan yang menerangkan bahwa interaksi sosial dapat dilakukan juga melalui sebuah jaringan komputer terdapat pada seri memo yang ditulis oleh J.C.R. Licklider dari MIT (Massachuset Institut of Technology) pada bulan Agustus tahun 1962. Dalam memo tersebut diuraikan konsep "Galactic Network"nya. Dia memiliki visi sebuah jaringan komputer global yang saling berhubungan dimana setiap orang dapat akses data dan program secara cepat dari tempat manapun. Semangat konsep tersebut sangat sesuai seperti internet yang ada
sekarang. Licklider adalah pimpinan pertama riset program komputer dari projek DARPA, 4 yang dimulai bulan Oktober 1962. Selama di DARPA dia bekerjasama dengan Ivan Sutherland, Bob Taylor, dan seorang peneliti MIT, Lawrence G. Roberts. Leonard Kleinrock di MIT mempublikasikan tulisanya berjudul " The first paper on packet switching theory" dalam bulan July 1961 dan "The first book on the subject" di tahun 1964. Kleinrock sepaham dengan Roberts dalam teori
kelayakan komunikasi mempergunakan sistem paket data dari pada hanya mempergunakan sebuah rangkaian elektronik. Teori ini merupakan cikal bakal adanya jaringan komputer. Langkah penting lainnnya adalah membuat komputer dapat berkomunikasi secara bersama-sama. Untuk mmebuktikan hal ini, pada tahun 1965, Roberts bekerjasama dengan Thomas Merrill, menghubungkan komputer TX-2 yang ada di Mass dengan komputer Q-32 yang ada di California dengan mempergunakan sebuah saluran dial-up berkecepatan rendah. Ini merupakan sebuahjaringan komputer pertama yang luas yang pernah dibuat untuk pertama kalinya meski dalam skala kecil. Hasil dari percubaan ini adalah bukti bahawa pengunaan waktu dalam komputer-komputer tersebut dapat bekerja dengan baik,
menjalankan program dan mengambil atau mengedit data seperti yang biasa dilakukan pada sebuah mesin dengan remote control, namun rangkaian saklar system telepon kurang mendukung percobaan ini. Hipotesis Kleinrock tentang diperlukannya sebuah program paket pensaklaran terbukti.

Pada tahun 1966 Roberts pergi ke DARPA untuk mengembangkan konsep jaringan komputer dan dengan cepat merumuskan rencananya untuk ARPANET, yang dipublikasikan pada tahun 1967. Pada saat konferensi dimana dia harus mempresentasikan makalahnya tentang konsep paket dalam jaringan komputer, dalam konferensi tersebut juga ada sebuah makalah yang berhubungan dengan konsep paket pada jaringan komputer dari Inggris yang ditulis oleh Donald Davies dan Roger Scantlebury dari NPL. Scantlebury mengatakan pada Roberts tentang riset yang dilakukan NPL sebaik seperti yang dilakukan oleh Paul Baran dan lainnya di RAND. RAND group telah menulis sebuah makalah berjudul " paper on packet switching networks for secure voice" di lingkungan militer pada tahun 1964. Penelitian-penelitian tersebut dilakukan bersamaan oleh kelompok peneliti MIT, NPL dan RAND. Sedangkan para penelitinya tidak mengetahui apa yang dilakukan oleh kelompok peneliti lainnya. Kelompok peneliti MIT bekerja dalam kurun waktu 1961-1967, kelompok RAND bekerja dalam kurun waktu 1962-1965, dan kelompok NPL bekerja antara tahun 1964-1967. Kata paket telah diadopsi dari hasil kerja kelompok NPL dan diusulkan dipergunakan dalam saluran komunikasi data ARPANET, sehingga komunikasi data di dalam projek ini diubah dari 2.4 kbps menjadi 50 kbps. 5

Dalam bulan Agustus tahun 1968, setelah Roberts dan penyandang dana projek DARPA merevisi semua struktur dan spesifikasi ARPANET, sebuah RFQ dirilis DARPA untuk pengembangan salah satu komponen kunci, paket pensakalaran yang disebut Interface Message Processors (IMP's). RFQ telah dimenangkan dalam bulan Desember1968 oleh sebuah group yang dipimpin oleh Frank Heart dari Bolt Beranek and Newman (BBN). Sebagai tim dari BBN yang mengerjakan IMP's, Bob Kahn memerankan peran utama dalam desain arsitektur ARPANET. Topologi dan ekonomi jaringan didesain dan dioptimasi oleh Roberts bersama Howard Frank dan timnya dari
Network Analysis Corporation. Pengukuran sistem jaringan dilakukan oleh tim pimpinan Kleinrock di UCLA. 6 Karena awal dilakukannya pengembangan teori paket pensaklaran oleh Kleinrock, dan juga adanya perhatiannya yang serius pada analysis, design dan pengukuran, maka Network Measurement Center yang dibangun Kleinrock di UCLA telah terpilih sebagai node pertama projek ARPANET. Ini terjadi dalam bulan September tahun 1969 ketika BBN memasang IMP pertama di UCLA dan host komputer pertama telah tersambung. Projek Doug Engelbart yang menggarap "Augmentation of Human Intellect" (didalamnya terdapat NLS, sebuah system hypertext pertama) di Stanford Research Institute (SRI) kemudian dikembangkan menjadi node kedua. SRI mendukung Network Information Center, dipimpin oleh Elizabeth (Jake) Feinler dan berperan sebagai pemelihara table nama host ke address mapping sesuai dengan direktori RFC's. Sebulan kemudian, pada saat SRI telah tersambung ke ARPANET, pesan pertama dari host ke host telah dikirimkan dari laboratorium Kleinrock ke SRI. Dua node lainnya segera dibangun di UC Santa Barbara dan University of Utah. Dua node terakhir ini membuat projek aplikasi visual, dengan Glen Culler dan Burton Fried di UCSB bertugas mencari metoda-metoda untuk menampilkan fungsi-fungsi matematika mempergunakan "storage displays" agar dapat menjawab "problem of refresh" yang terjadi dalam jaringan. Robert Taylor dan Ivan Sutherland di Utah bertugas mencari metoda-metoda penampilan 3-D dalam jaringan. Sehingga pada akhir tahun 1969, empat komputer host telah tergabung bersama dalam inisial ARPANET, maka cikal bakal Internet telah lahir.

Komputer banyak yang disambungkan ke ARPANET pada tahun-tahun berikutnya dan tim bekerja melengkapi fungsi Host-to-Host protocol dan software jaringan komputer lainnya. Di bulan Desember tahun 1970, the Network Working Group (NWG) bekerja dibawah pimpinan S. Crocker menyelesaikan inisial ARPANET Host-to-Host protocol, dan disebut Network Control Protocol (NCP). ARPANET secara lengkap mempergunakan NCP

selama periode 1971-1972 dan para pengguna jaringan komputer akhirnya dapat mulai melakukan pengembangan aplikasinya.

Dalam bulan Oktober tahun 1972, Kahn telah mengorganisasikan sebuah demonstrasi besar dan sukses ARPANET di International Computer Communication Conference (ICCC). Ini merupakan untuk pertama kalinya diperkenalkan ke masyarakat. Dalam demo ini juga diperkenalkan inisial "hot" aplication, electronic mail (email). Dalam bulan Maret, Ray Tomlinson dari BBN membuat program penulisan pesan email, pengiriman dan pembaca pesan email pertama. Hal ini dilakukan atas dorongan kebutuhan ARPANET akan sebuah mekanisme koordinasi yang mudah. Dalam bulan July, Roberts mengembangkan utilitynya dengan membuat program email utility pertama ke dalam daftar, pemilihan untuk pembacaan, file, meneruskan (forward), dan memberikan jawaban sebuah pesan. Dari penemuan ini maka email merupakan aplikasi yang paling banyak dipergunakan dalam jaringan komputer selama
beberapa dekade.

Konsep Inisial Internetting

Jaringan komputer ARPANET tumbuh menjadi Internet. Internet didasarkan pada ide bahwa dari pengalaman pembangunan ARPANET dimungkinkan adanya jaringan komputer multiple independent (banyak dan berdiri sendiri). Dalam hal ini ARPANET sebagai pioneer dalam penggunaan packet pensaklaran jaringan komputer, tetapi nantinya dapat juga dipergunakan sebagai packet untuk jaringan satelit, jaringan komputer paket radio terestrial dan jaringan lainnya. Internet seperti kita ketahui sekarang sudah menjadi sebuah jaringan komputer dengan arsitektur terbuka (open architecture networking). Dengan demikian, pemilihan teknologi jaringan komputer individu tidaklah harus dibuat terbatas pada satu jenis teknologi dengan arsitektur khusus akan tetapi cenderung akan dipilih teknologi jaringan komputer secara bebas oleh pembuatnya dan yang dapat dihubungkan
dengan jaringan lainnya mempergunakan sebuah meta-level "Internetworking Architecture". Sampai sat itu hanya ada satu metoda umum untuk menggabungkan jaringan komputer. Itu adalah bawaan dari teknologi rangkaian saklar dimana sebuah jaringan baru akan terhubung pada sebuah rangkaian setelah melalukan bit individual secara synchronous sebagai bagian dari suatu rangkaian end-to-end diantara beberapa lokasi akhir (end locations). Ini sudah ditunjukkan oleh Kleinrock pada tahun 1961 bahwa paket pensaklaran merupakan metoda pensaklaran yang efisien. Dengan mempergunakan paket pensaklaran, penggunaan special dalam sebuah hubungan interkoneksi antara jaringan komputer merupakan satu kemungkinan lain yang bisa dilakukan. Sedangkan saat itu masih ada kendala
untuk menghubungkan jaringan komputer yang berbeda, dan masih dibutuhkan sesuatu komponen yang digunakan satu sama lain, yang tidak hanya berfungsi sebagai sebuah peer dari yang lainnnya dalam menyelenggarakan end-to-end service.

Dalam arsitektur jaringan komputer yang terbuka, jaringan komputer individual dapat dibangun dengan desain terpisah dan dapat dikembangkan sendiri dan masing-masing memiliki interface unik sendiri yang didapat dari user dan atau
provider lain termasuk provider-provider Internetnya. Setiap jaringan komputer dapat didesain sesuai dengan lingkungan spesifik dan kebutuhan user-nya.

Ide arcitektur jaringan komputer yang terbuka pertama kali diperkenalkan oleh Kahn di DARPA pada tahun 1972.Pekerjaan ini murni merupakan bagian pekerjaan program paket radio. Namun akhirnya program ini merupakan program terpisah dan disebut "Internetting". Kata kunci untuk membuat sistem paket radio bekerja adalah adanya eliabilitas protokol end-to-end yang dapat memelihara secara efektif komunikasi meskipun dalam kondisi "jamming" dan adanya interferensi radio lainnya ataupun gejala blackout intermiten seperti yang biasa terjadi pada komunikasi di dalam sebuah terowongan. Kahn pertama kali mengembangkan protokol lokal hanya untuk paket radio, karena sulit
menemukan kecocokan dengan sistem operasi komputer yang lain, dia kembali menggunakan NCP.

Meskipun NCP tidak memiliki kemampuan untuk pengalamatan jaringan komputer (dan mesin) namun pada akhirnya pada penggunaan IMP dalam ARPANET mengharuskan perubahan-perubahan NCP. NCP dipergunakan dalam ARPANET untuk menjaga reliabilitas end-to-end. Apabila banyak paket hilang, maka protokol (dengan didukung aplikasi lainnya) tidaklah menimbulkan masalah. Dalam model ini NCP tidak menunjukkan kegagalan dalam mengontrol end-to-end host, sejak saat itu ARPANET merupakan jaringan komputer yang ada yang tidak memerlukan penggunakan kontrol eror pada hostnya. Sehingga, Kahn memutuskan untuk mengembangkan sebuah versi baru protokol yang dapat bekerja dengan baik
pada lingkungan jaringan komputer dengan arsitektur terbuka. Protocol ini kemudian disebut Transmission ControlProtocol/Internet Protocol (TCP/IP). Sedangkan NCP cenderung dipergunakan sebagai sebuah pengendali alat (device driver), protokol baru ini lebih menyerupai sebuah protokol komunikasi.

Empat alasan yang mendasari pemikiran Kahn kemudian yaitu :

1.Setiap jaringan komputer yang berbeda harus berdiri sendiri dan tidak mengalami perubahan di dalamnya apabila terhubung ke Internet.
2.Komunikasi ada dalam kondisi terbaik. Jika sebuah paket data tidak dapat dikirimkan ke tujuannnya, paket data tersebut segera dikirim ulang.
3.Kotak hitam (Black boxes) perlu dipasang untuk menghubungkan jaringan komputer yang kemudian lebih dikenal dengan nama gateway dan router.
4. Pada tingkat operasional, tidak diperlukan kontrol global.

Isu kunci lainnya yang dibutuhkan antara lain :
Algoritma untuk mencegah paket hilang (packet loss) dari terputusnya komunikasi yang permanen dan menghubungkan kembali secara baik untuk dikirim ulang dari sumber datanya.. Pengembangan "pipelining" host to host sehingga dengan demikian paket data multipel dapat dikirim dari sumber ke tujuan pada kondisi tidak didukung host, bila jaringan komputer perantaranya memungkinkan.
Gateway berfungsi meneruskan paket data dengan baik. Ini meliputi juga interpretasi IP header untuk routing-nya, penanganan interface, mengubah paket ke bentuk yang lebih kecil bila memungkinkan, dll. Adanya kebutuhan untuk pengecekan end-end, membangun ulang (reassembly) paket dari fragmen-fragmen data dan mendeteksi duplikatnya bila ada. Adanya kebutuhan pengalamatan global (global addressing). Kebutuhan teknik untuk mengontrol aliran data host ke host. Kebutuhan Interface (perangkat perantara) dengan beragam sistem operasi. Juga adanya perhatian seperti penerapan efisiensi, kehandalan internetwork, namun ini masih merupaka masalah berikutnya.

Kahn mulai mengerjakan sebuah pekerjaan prinsip sistem operasi yang berorientasi untuk komunikasi data selama di BBN dan pemikiran terakhirnya didokumentasikan dalam sebuah memorandum di lingkungan BBN berjudul "Communications Principles for Operating Systems". Dalam hal ini dia merealisasikan adanya sebuah kebutuhan data rinci dari setiap sistem operasi komputer agar dapat diubah sehingga dapat menerima setiap protokol baru secara efisien. Sehingga pada musim panas tahun 1973, setelah memulai usaha internetting, dia mengajak Vint Cerf untuk bekerja dengannya dalam mendesain protokol. Cerf sudah mengenal baik desain dan pengembangan yang telah dilakukan NCP dan telah memiliki pengetahuan tentang interfacing (pembuatan perangkat perantara) pada sistem operasi. Karena itu dengan pendekatan arsitektur jaringan Kahn pada sisi komunikasi datanya, dan denganpengalaman Cerf dalam pengembangan NCP, tim ini berhasil membuat desain rinci protokol komunikasi data yang sekarang disebut TCP/IP. Kerja keras mereka.membuahkan hasil, dan versi pertama telah didistribusikan pada pertemuan khusus International

http://tskau0.tripod.com/sejarah_singkat_internet.htm

YANG MUDA YANG BERPRESTASI

Kamu merasa dirimu muda? tidak pintar di sekolah? tidak ada cewek/cowok yang mempedulikan kamu? merasa tidak punya talenta apa2? yaampun....jangan hopeless gt dong...

oke...silahkan baca beberapa pemuda di bawah ini yg mampu mengubah dunia kita menjadi menarik. bahkan ada dari antara mrk yg sempat drop out dr kuliahnya loh...tp dia tidak putus asa, dia trs berkarya dan menunjukkan kelebihannya...

selamat membaca dan merenung...

1.Mark Zuckerberg (kini 25 tahun/asal AS)

Ketika menciptakan situs jejaring sosial Facebook, Mark Zuckerberg baru berusia 19 tahun. Ia membuat Facebook untuk membantu membangun jaringan sosial bagi remaja di kampusnya saat itu, Universitas Harvard, Amerika Serikat.
Kini, Facebook merupakan situs jejaring sosial terbesar kedua setelah MySpace. Di bawah pimpinan Sang Penemu, situs ini terus tumbuh hari demi hari. Jutaan pengguna baru terus mendaftar setiap bulan!
berita tentangnya di WIKIPEDIA
Mark Elliot Zuckerberg (lahir 14 Mei1984; umur 25 tahun). Anak dari Edward dan Karen Zuckerberg. Ia adalah seorang programer komputer dan pengusaha asal Amerika Serikat. Menjadi kaya di umurnya yang relatif muda karena berhasil mendirikan dan mengembangkan situs jaringan sosial Facebook di saat masih kuliah dengan bantuan teman Harvardnya Andrew McCollum dan teman sekamarnya Dustin Moskovitz dan Crish Hughes. Saat ini ia menjabat sebagai CEO Facebook.[2]
Forbes mencatatnya sebagai milyarder termuda, atas usaha sendiri dan bukan karena warisan, yang pernah tercatat dalam sejarah. Kekayaannya ditaksir sekitar satu setengah miliar dolar Amerika.[3]
Awal tahun 2009 Mark Zuckerberg mendapat penghargaan Young Global Leaders.

2. Steve Shih Chen (31 tahun/Taiwan-AS), Jawed Karim (30 tahun/Jerman-AS), Chad Hurley (32 tahun/AS)

Keduanya adalah pencipta dari situs “berbagi video online”, YouTube. Mereka mendirikan YouTube pada 2005. Ketika itu, Chad berusia 28 tahun dan Steve 27 tahun.
Pada Oktober 2006, YouTube diakuisisi (diambil alih kepemilikannya) oleh Google. Nilainya: 1,65 miliar dollar AS (Rp16,9 triliun).
sedikit info tentang youtube (wikipedia)
YouTube adalah sebuah situs web video sharing (berbagi video) populer yang didirikan pada Februari 2005 oleh tiga orang bekas karyawan PayPal: Chad Hurley, Steve Chen, dan Jawed Karim. Menurut perusahaan penelitian Internet Hitwise, pada Mei 2006 YouTube memiliki pangsa pasar sebesar 43 persen.[1] Para pengguna dapat memuat, menonton, dan berbagi klip video secara gratis. Umumnya video-video di YouTube adalah klip musik (video klip), film, TV, serta video buatan para penggunanya sendiri. Format yang digunakan video-video di YouTube adalah .flv yang dapat diputar di penjelajah web yang memiliki plugin Flash Player.
Pada 9 Oktober 2006 diumumkan bahwa YouTube telah dibeli Google dengan harga US$1,65 miliar.[2] Pada awal April 2008 beberapa ISP Indonesia menutup akses ke beberapa situs web termasuk YouTube karena memuat film Fitna. Awalnya pemblokiran berupa pemblokiran sepenuhnya terhadap seluruh situs web, namun kemudian diubah menjadi pemblokiran terhadap URL tertentu yang memuat video tersebut saja.

3. Jerry Yang (40 Tahun/Taiwan-AS) dan David Filo (42 tahun/AS)

Pada tahun 1995, kedua orang ini menemukan Yahoo!, situs mesin pencari kedua terbesar setelah Google. Saat itu, Jerry berusia 26 tahun dan Filo 28 tahun.
Tahun lalu, perusahaan raksasa Microsoft sempat ingin membeli Yahoo!. Nilai tawaran yang dibicarakan: 44,6 miliar dollar AS (Rp458,8 triliun). Rencana ini memang batal. Setelah itu, Microsoft dan Yahoo! tidak menampik mengenai kemungkinan kerja sama di masa mendatang.
lebih lanjut tentang yahoo (wikipedia)
Yahoo! adalah sebuah portal web populer yang dioperasikan perusahaan yang bernama Yahoo! Inc.. Yahoo! pada awalnya hanyalah semacam bookmark (petunjuk halaman buku), ide itu berawal pada bulan April 1994, saat itu dua orang alumni Universitas Stanford mendapat liburan ketika profesor mereka pergi ke luar kota karena cuti besar.
Mahasiswa teknik David Filo dan Jerry Yang mempunyai sedikit pekerjaan yang harus dilakukan selain menjelajah internet. Mereka tidak membutuhkan waktu lama untuk mengkompilasi sebuah daftar bookmark yang besar, yang dikelompokkan berdasarkan subyek.
Kemudian mereka berfikir, mengapa tidak memasukannya di web? Mereka kemudian bekerja membuat sebuah program database untuk menanganinya, yang dapat memberikan hasil secara online.
Koleksi bookmark tersebut, sekarang dikenal sebagai Yahoo!, menerima sejumlah 80 juta pengunjung setiap bulan (sensus tahun 2000).

4. Matt Mullenweg (25 tahun/AS)

Matt Mullenweg adalah pencipta situs penyedia blog gratisan: WordPress. Ia mulai baru berusia 19 tahun ketika mulai menciptakan cikal bakalnya.
WordPress menjadi tenar dalam waktu singkat. Alasannya, situs ini mudah dipakai dan selalu diperbarui. Hingga tahun 2008, tercatat ada 230 juta pengakses tetap dengan 6,5 miliar halaman WordPress yang bisa dilihat. Lalu, ada 35 juta posting baru dengan tambahan rata-rata empat juta posting setiap bulan.
Matt, yang pernah datang ke Jakarta pada Januari 2009 ini mengatakan, ia tidak akan menjual WordPress ke perusahaan besar dengan harga’ selangit’. Ia juga bilang, tidak mencari keuntungan dari WordPress. Keuntungan sudah ia dapatkan dari beberapa perusahaan, yang dimilikinya.
lebih lanjut tentangnya (wikipedia)
Matthew Charles Mullenweg dikenal dengan Matt Mullenweg (lahir di Houston, Texas, Amerika Serikat, 11 Januari 1984; umur 25 tahun) adalah pendiri sekaligus pengembang perangkat lunak WordPress. Matt menempuh pendidikan SMA di bidang Seni Visual dan Pertunjukan. Ia pun mahir memainkan musik saksofon. Meskipun studinya bukan dibidang teknologi komputer dan programming, Matt berhasil mendirikan serta mengembangkan software yang kini sangat terkenal yakni WordPress.com, Akismet, dan bisnis Automattic-nya.
[sunting] Sejarah Matt dan WordPress
Sejarah WordPress bermula saat Matt berusia 18 tahun (tahun 2002). Ketika itu, Matt baru mulai menggunakan fasilitas blog b2cafelog. Ia menggunakan blog b2 (bbpress.org) untuk mempublikasi foto-fotonya selama perjalanan ke Washington D.C. Namun, beberapa bulan kemudian, blog bbpress tempat Matt mempublikasi fotonya berhenti dalam mengembangkan software-nya. Karena kondisi seperti itu, muncullah pemikiran kreatif dari Matt. Pada Januari 2003, Matt Mullenweg mengumumkan melalui blog-nya bahwa dia akan mengembangkan blog b2 sehingga sesuai dengan standar web saat itu.
Dengan inisiatif sendiri, Matt bersama Mike Little mulai memgembangkan coding WordPress berbasis b2. Kemudian, Mike dan Matt bersama Michel Valdrighi (mantan pengembang b2), mulai aktif mengembangkan WordPress hingga lahirlah WordPress yang Anda kenal saat ini. Pada 27 Mei 2003, WordPress versi 0.70 dirilis. Versi 0.7 ini masih mengandung struktur file yang sama dengan pendahulunya, b2cafelog.
Di usia 19 tahun (Maret 2003), Matt bersama rekannya mendirikan GMPG dengan format yang lebih kompleks dari HTML. Setahun kemudian, WordPress meluncurkan fasilitas Ping-O-Matic yang berguna untuk mengirim ping notifikasi kepada search engine blog seperti Technorati. Dan saat ini, Ping-O-Matic telah melayani lebih 1 juta ping tiap harinya.
Walau Matt merupakan mahasiswa Drop Out (DO) dari kampusnya, ia berhasil menjadi pengusaha muda yang kaya dan sukses. Pada tahun 2007, Ia pun dinobatkan sebagai 16 dari “50 Orang Terpenting di Dunia Internet” oleh PC World. Dan pada pertengahan Januari 2009, Matt berkunjung ke Indonesia dalam rangka menghadiri sekaligus menjadi tamu utama dalam acara Wordcamp Indonesia 2009 – “1st Annual Conference for Indonesian WordPress Enthusiasts”.

5. Tom Anderson (38 tahun/Amerika Serikat)

Tom Anderson merilis MySpace pada bulan Agustus 2003. Ada kesimpang siuran data mengenai usianya saat itu, namun berbagai sumber menyebut Tom berusia kurang dari 30 tahun ketika menciptakan MySpace.
Saat ini, MySpace adalah salah satu situs jejaring sosial paling besar di dunia, yang bersaing ketat dengan Facebook. MySpace telah digunakan lebih dari 100 juta orang, dengan pengguna terbesar berasal dari kawasan Amerika Serikat.
Kelebihan MySpace terletak pada bidang musik. Ketika fasilitas musik terbaru (yaitu “audio streaming” gratis) diluncurkan pada 25 September 2008, hanya dalam beberapa hari saja, ada miliaran lagu yang didengarkan oleh para penggunanya. Kelebihan ini membuat banyak orang memperkirakan bahwa MySpace bisa mempengaruhi industri musik di internet.

6. Blake Aaron Ross (23 tahun/AS)

Blake Ross adalah pemuda jenius yang menciptakan Mozilla, fasilitas penjelajah internet. Mozilla diluncurkan untuk umum pada November 2004. Saat itu, usia Blake baru 19 tahun!
Mozilla kemudian digabungkan dengan Firefox, program yang diciptakannya bersama Dave Hyatt. Maka, setelah itu, namanya menjadi Mozilla Firefox.
Dengan cepat, Mozilla Firefox diterima para pengguna internet di dunia. Ia, antara lain, dinilai lebih aman dan mudah dipakai (dibandingkan dengan para kompetitornya). Ia juga dinilai mampu merebut sebagian pasar fasilitas penjelajah internet, yang selama ini dikuasai oleh Microsoft Internet Explorer.
Banyak orang memuji kesuksesan Blake Ross. Direktur engineering Yayasan Mozilla, Chris Hoffman, mengatakan, “Dalam dunia ‘Open Source’, posisi seseorang tergantung pada keahliannya. Dan Blake Ross memiliki semua keahlian yang dibutuhkan.”

7. Pierre Omidyar (41 tahun/Perancis-AS)

Pierre Omidyar merilis eBay pada 4 September 1995. Saat itu, usianya 28 tahun.
eBay adalah situs lelang online. Awalnya, Pierre membuat eBay untuk menolong seorang teman dekat yang ingin menjual sebuah produk. Namun, tak lama kemudian, eBay berkembang pesat menjadi lahan bisnis yang amat prospektif. Kini, eBay adalah situs lelang online terbesar di dunia.
Menurut Pierre, dalam sebuah wawancara, kesuksesan eBay tidak lepas dari dua hal. Pertama, kuatnya komunitas penjual dan pembeli, yang jumlahnya mencapai ratusan juta orang. Kedua, nilai-nilai baik yang dianutnya. Dalam bisnis, eBay percaya bahwa pada dasarnya setiap manusia itu baik dan setiap orang memiliki suatu keunggulan yang bisa diberikan kepada orang lain. Selain itu, eBay percaya bahwa kejujuran dan keterbukaan bisa membawa kebaikan pada diri manusia. Maka, aturan “emas” eBay adalah mengakui dan menghormati setiap orang sebagai individu yang unik. eBay pun berharap para anggotanya bisa mengikuti contoh yang diberikan.

8. Larry Page (36 tahun/AS) dan Sergey Brin (35 tahun/AS)

Keduanya merilis Google pada 4 September 1998. Saat itu, mereka baru berusia 25 tahun dan 24 tahun. “Kantor” pertama mereka adalah garasi.
Google, mesin pencari yang bisa menampilkan segala jenis informasi ini, disukai banyak orang – terutama para mahasiswa. Maka, hanya dalam tempo waktu beberapa tahun saja, Google bisa berkembang amat pesat dan meraup keuntungan miliaran dollar AS. Kini, Google bisa disebut sebagai mesin pencari nomor satu di dunia.
Kisah sukses Larry Page dan Sergey Brin dalam menciptakan dan mengembangkan Google telah menjadi inspirasi bagi banyak orang muda di dunia ini, khususnya para penggemar teknologi informasi. Mereka berharap bisa membuat program baru yang berguna bagi masyarakat dunia dan menguntungkan dari segi finansial.



http://goeskorn.wordpress.com/2009/06/15/penemu-penemu-muda-modern/

ayo kalian-kalian yg muda jgn mudah putus asa...bangkit lah dari keterpurukan kalian krn masalah kalian. bangkit dan berprestasi lah...

"Jangan seorangpun menganggap engkau rendah karena engkau muda. Jadilah teladan bagi orang-orang percaya,dalam perkataanmu, dalam tingkah lakumu,dalam kasihmu, dalam kesetiaanmu dan dalam kesucianmu." 1 Tim 4:12

PENEMUAN TV

Dalam penemuan televisi, terdapat banyak pihak, penemu maupun inovator yang terlibat, baik perorangan maupun perusahaan. Televisi adalah karya massal yang dikembangkan dari tahun ke tahun.

Awal dari televisi tentu tidak bisa dipisahkan dari penemuan dasar, yaitu hukum Gelombang Elektromagnetik yang ditemukan oleh Joseph Henry dan Michael Faraday (1831) yang merupakan awal dari era komunikasi elektronik.

1876 - George Carey menciptakan Selenium Camera yang digambarkan dapat membuat seseorang melihat gelombang listrik. Belakangan, Eugen Goldstein menyebut tembakan gelombang sinar dalam tabung hampa itu dinamakan sebagai Sinar Katoda.

1884 - Paul Nipkov, Ilmuwan Jerman, berhasil mengirim gambar elektronik menggunakan kepingan logam yang disebut Teleskop Elektrik dengan resolusi 18 garis.

1888 - Freidrich Reinitzeer, ahli botani Austria, menemukan cairan kristal (liquid crystals), yang kelak menjadi bahan baku pembuatan LCD. Namun LCD baru dikembangkan sebagai layar 60 tahun kemudian.

1897 - Tabung Sinar Katoda (CRT) pertama diciptakan oleh ilmuwan Jerman, Karl Ferdinand Braun. Ia membuat CRT dengan layar berpendar bila terkena sinar. Inilah yang menjadi cikal bakal televisi layar tabung.

1900 - Istilah Televisi pertama kali dikemukakan Constatin Perskyl dari Rusia pada acara International Congress of Electricity yang pertama dalam Pameran Teknologi Dunia di Paris.

1907 - Campbell Swinton dan Boris Rosing dalam percobaan terpisah menggunakan sinar katoda untuk mengirim gambar.

1927 - Philo T Farnsworth ilmuwan asal Utah, Amerika Serikat mengembangkan televisi modern pertama saat berusia 21 tahun. Gagasannya tentang image dissector tube menjadi dasar kerja televisi.

1923 - Vladimir Kozma Zworykin, mendaftarkan paten atas namanya untuk penemuannya, kinescope, televisi tabung pertama di dunia. Setahun kemudian, dia mendapat kewarganegaraan Amerika Serikat dan menyelesaikan studi doktornya di Universitas Pittsburgh. Vladimir lahir di Rusia, 30 Juli 1889. Dia menyempurnakan tabung katoda yang dinamakan kinescope. Temuannya mengembangkan teknologi yang dimiliki CRT. Dia bekerja di perusahaan elektronik RCA dan selama 1930 hingga 1940-an, perusahaan itu memanjakannya dengan menguras dana US$ 150 juta untuk produksi teknologi televisi. Keterbukaan Zworykin pada kritik, membuatnya menemukan penemuan baru lagi. Sebuah kamera tabung. Ini melengkapi teknologi televisi tabung penemuannya. Penemuan itu dinamakannya iconoscope, berasal dari bahasa Yunani, icon yang berarti citra dan scope yang berarti mengamati. Ia meninggal karena usia tua pada 29 Juli 1982. Dialah yang kemudian sebagai Sang Penemu Televisi. (1889-1982).

1939 - tepatnya tanggal 11 Mei, untuk pertama kalinya, sebuah pemancar televisi dioperasikan di kota Berlin, Jerman. Dengan demikian, dunia mulai berkenalan dengan alat komunikasi secara visual. Stasiun televisi itu kemudian diberi nama Nipko, sebagai penghargaan terhadap Powel Nipkov, ilmuwan terkenal Jerman dan salah seorang penemu peralatan televisi.

1940 - Peter Goldmark menciptakan televisi warna dengan resolusi mencapai 343 garis.
1956 - Robert Adler kelahiran Amerika Serikat bersama rekannya Eugene Polley, menemukan remote control televisi. Walaupun bukan televisinya, tetapi penemuannya menjadi sangat penting bagi teknologi televisi. Dia meninggal dalam usia 93 tahun. Penerima penghargaan Emmy tahun 1997 karena penemuannya itu mendapatkan lebih dari 180 paten Amerika selama karir 58 tahunnya. Menurut istrinya, pengendali jarak jauh televisi itu bukanlah penemuan favoritnya dan dia jarang menonton televisi.

1958 - Sebuah karya tulis ilmiah pertama tentang LCD sebagai tampilan layar televisi dikemukakan oleh Dr. Glenn Brown.

1964 - Prototipe sel tunggal display Televisi Plasma pertamakali diciptakan Donald Bitzer dan Gene Slottow. Langkah ini dilanjutkan Larry Weber.

1967 - James Fergason menemukan teknik twisted nematic, layar LCD yang lebih praktis.
1968 - Layar LCD pertama kali diperkenalkan lembaga RCA yang dipimpin George Heilmeier.
1975 - Larry Weber dari Universitas Illionis mulai merancang layar plasma berwarna.

1979 - Para Ilmuwan dari perusahaan Kodak berhasil menciptakan tampilan jenis baru organic light emitting diode (OLED). Sejak itu, mereka terus mengembangkan jenis televisi OLED. Sementara itu, Walter Spear dan Peter Le Comber membuat display warna LCD dari bahan thin film transfer yang ringan.

1981 - Stasiun televisi Jepang, NHK, mendemonstrasikan teknologi HDTV dengan resolusi mencapai 1.125 garis.

1987 - Kodak mematenkan temuan OLED sebagai peralatan display pertama kali.
1995 - Setelah puluhan tahun melakukan penelitian, akhirnya proyek layar plasma Larry Weber selesai. Ia berhasil menciptakan layar plasma yang lebih stabil dan cemerlang. Larry Weber kemudian megadakan riset dengan investasi senilai 26 juta dolar Amerika Serikat dari perusahaan Matsushita.

2000-an, masing-masing jenis teknologi layar semakin disempurnakan. Baik LCD, Plasma maupun CRT terus mengeluarkan produk terakhir yang lebih sempurna dari sebelumnya.

2008 dan seterusnya, menyusul perkembangan televisi digital di negara-negara Amerika dan Eropa, Indonesia juga akan menerapkan sistem penyiaran Televisi digital (Digital Television/DTV) adalah jenis TV yang menggunakan Modulasi digital dan sistem kompresi untuk menyebarluaskan video, audio, dan signal data ke pesawat televisi.

Latar belakang pengembangan televisi digital:
-Perubahan lingkungan eksternal
-Pasar TV analog yang sudah jenuh
-Komplain adanya noise, ghost dll
-Kompetisi dengan sistem penyiaran satelit dan kabel (Cable Television)

Perkembangan teknologi :
-Teknologi pemrosesan sinyal digital (Digital Signal Processor)
-Teknologi transmisi digital
-Teknologi semikonduktor
-Teknologi peralatan display yang beresolusi tingggi

Keunggulan televisi digital :
-High Definition. 5~6 kali lebih halus dibanding televisi analog
-Finest sound. Kemampuan mereproduksi suara seperti sumber aslinya
-Multifunction. Memberi kemampuan untuk merekam dan mengedit siaran
-Multichannel (satu saluran dapat diisi lebih dari 5 program yang berbeda)

http://duniatv.blogspot.com/2008/02/sejarah-televisi.html

NAMA-NAMA PENEMU


Penemu Mesin uap Adalah James Watt Berasal dari Negara Inggris
Penemu Mesin 4 tak Adalah Nicolaus Otto Berasal dari Negara Jerman
Penemu Mesin diesel Adalah Rudolf Diesel Berasal dari Negara Jerman
Penemu Mesin cetak Adalah Johannes Guttenberg Berasal dari Negara Jerman
Penemu Mesin ketik Adalah Christopher Sholes Berasal dari Negara Amerika
Penemu Radio Adalah C. Marconi Berasal dari Negara Italia
Penemu Televisi Adalah J.L. Baird & C.F. Jenkins Berasal dari Negara Amerika
Penemu Telegrap Adalah Samuel F.B. Morse Berasal dari Negara Amerika Serikat
Penemu Telepon Adalah Alexander Graham Bell Berasal dari Negara Amerika Serikat (Versi Lama)
Penemu Telepon Adalah Antonio Meucci Berasal dari Negara Italia (Versi Baru)
Penemu Dinamo Adalah Michael Faraday Berasal dari Negara Inggris
Penemu Elektromagnet Adalah Williarn Sturgeon Berasal dari Negara Inggris
Penemu Bola lampu Adalah Thomas Alva Edison Berasal dari Negara Amerika Serikat
Penemu Proyektor film Adalah Thomas Alva Edison Berasal dari Negara Amerika Serikat
Penemu Piringan hitam Adalah Alexander Graham Bell Berasal dari Negara Amerika Serikat
Penemu Batu baterai Adalah Volta Berasal dari Negara Italia
Penemu Termometer Adalah Galileo Galilei Berasal dari Negara Italia
Penemu Korek api Adalah Robert Boyle, John Walker Berasal dari Negara
Penemu Kapal api Adalah Robert Fulton Berasal dari Negara Amerika Serikat
Penemu Kapal selam Adalah Cornelius van Drebbel Berasal dari Negara Belanda
Penemu Sinar Rontgen Adalah Wilhelm Conrad Rontgen Berasal dari Negara Jerman
Penemu Stetoskop Adalah Rene Laennec Berasal dari Negara
Penemu Lensa Adalah Anthony Van Leuwenhook Berasal dari Negara Belanda
Penemu Mikroskop Adalah Zacharias Janssen Berasal dari Negara
Penemu Teleskop Adalah H. Lippershey Berasal dari Negara
Penemu Kamera Adalah Louis Jacques Monde da Guerre & Edwin Land Berasal dari Negara Amerika
Penemu Pesawat terbang Adalah Wilbur dan 0. Wright Berasal dari Negara Amerika
Penemu Kereta api Adalah Murdocks Berasal dari Negara Inggris
Penemu Sepeda Adalah Civrac Berasal dari Negara Prancis
Penemu Balon terbang Adalah Sir F. Whittle Berasal dari Negara
Penemu Balon karet Adalah Josep dan J. Montgolfier Berasal dari Negara
Penemu Ban karet Adalah Charles Goodyear Berasal dari Negara Amerika
Penemu Barometer Adalah Evangelista, Torricelli Berasal dari Negara Italia
Penemu Dinamit Adalah Alfred Nobel Berasal dari Negara Swedia
Penemu Lensa kaca mata Adalah Benyamin Franklin Berasal dari Negara
Penemu Mesin hitung Adalah Blaise Pascal Berasal dari Negara Prancis
Penemu Mobil Adalah Gottlich Daimler Berasal dari Negara
Penemu Motor Adalah Nikola Tesla Berasal dari Negara
Penemu Tank Adalah Sir Ernest Swinton Berasal dari Negara Inggris
Penemu Traktor Adalah Benyamin Holt Berasal dari Negara
Penemu Tangga jalan Adalah Elis G. Otis Berasal dari Negara
Penemu Kawat pijar Adalah Irving Langmuir Berasal dari Negara


Minggu, 12 September 2010

PENYALAHGUNAAN BAHASA SAINS (OTAK TENGAH)

OTAK TENGAH


By Rasia Surya

Rabu, 8 September 2010 - Kemarin waktu penulis berjalan di depan kampus pasca sarjana IPB, penulis terhenti sejenak melihat sebuah spanduk besar berjudul aktivasi otak tengah.


Sebuah program pelatihan yang cukup digemari sekarang. Lalu penulis teringat apa yang dipaparkan oleh pakar psikologi pendidikan dari Universitas Texas di Dallas, John W Santrock PhD. Beliau dalam bukunya, Psikologi Pendidikan halaman 47 mengatakan kalau : “Sayangnya, pernyataan tentang manfaat pengetahuan tentang otak untuk pendidikan anak-anak sangatlah spekulatif dan jauh dari apa yang diketahui oleh ilmuan syaraf tentang otak.” Pernyataan ini didukung oleh referensi dari lima laporan penelitian loh (Blakemore dan Frith, 2005; Bransford et al, 2005; Breuer, 1999; Goswami, 2005; Schumacher, 2007). Ambil contoh senam otak yang katanya ilmiah, ia ternyata hanyalah sebuah strategi dagang tanpa dukungan sains sama sekali. Jangan-jangan Aktivasi otak tengah begitu juga. Lagipula Aktivasi otak tengah ternyata hanya dipasarkan di wilayah Malaysia, Indonesia dan Sri Lanka. Kalau ia begitu hebat, kenapa tidak di negara maju?

Untuk itu penulis menyempatkan diri untuk menelusuri beberapa jurnal ilmiah terkemuka tentang otak untuk melihat apa benar klaim tentang aktivasi otak tengah ini. Let’s check it out!
Oh btw, otak tengah disebut juga mesencephalon. Fungsinya untuk mengendalikan respon penglihatan, gerakan mata, dilasi pupil, gerakan tubuh dan pendengaran (Bailey, 2010). Jadi cukup masuk akal kalau saat ia direkayasa entah bagaimana, kemampuan melihat, bergerak dan mendengar menjadi berbeda. Dan bila daerah ini menjadi sangat aktif, uh, hasilnya justru sangat buruk. Bila otak tengah terlalu aktif, ia berasosiasi dengan : sakit kronis, infeksi saluran kencing, insomnia, kekakuan, sensitivitas cahaya, migrain, detak jantung tinggi, wasir dan diare (Carrick, 2010). Sebuah metode aktivasi yang entah bagaimana justru bukannya menghasilkan penyakit tapi malah mempertajam fungsi mesencephalon tentunya sangat menarik dan wajar bila memiliki nilai ekonomis yang tinggi.

Pemeriksaan di 90.818 laporan hasil penelitian dari tahun 1995 tidak membuahkan hasil. Baik itu sedikit saja petunjuk kalau otak tengah manusia memiliki kemampuan unik melebihi bagian otak lainnya.

Lalu bisa saja sang penemu aktivasi otak tengah tidak mau membagikan rahasianya. Rahasia Google misalnya, tidak akan kamu temukan artikel ilmiah. Ia tersimpan rapat sebagai rahasia perusahaan. Itu hasil penelitian ilmiah dan terbukti, tapi tidak dipublikasikan. Sama dengan produk teknologi Windows dan sebagainya. Mungkin saja Aktivasi otak tengah kan?

Ok. So buktinya apa? Sebagaimana fakta ilmiah lainnya, harus ada bukti dari sebuah pernyataan. Dalam proses aktivasi otak tengah, buktinya adalah demonstrasi membaca dengan mata ditutup. Di mana saja, Sri Lanka, Malaysia, Indonesia. Dan satu lagi, pesertanya anak kecil. Ada yang janggal?


Pertama bayangkan kamu anak kecil. Anak kecil yang percaya begitu saja ucapan otoritas, seperti guru misalnya. Anak kecil yang tidak terdidik untuk berpikir kritis. Anak kecil yang mudah disugesti. Anda lalu diberi sehelai kain, anda diperlakukan dengan teknik khusus kemudian anda dikatakan mampu membaca menembus kain tersebut. Mungkinkah kamu akan tahu kalau kamu sebenarnya memakai kain biasa?
Tambahan lagi, kalau kamu bilang kamu bisa membaca tembus pandang, kamu akan dipandang anak yang normal dibandingkan anak-anak lainnya, kamu akan dipuji orang tuamu dan satu lagi, kamu punya pelarian. Inilah alasan psikologis kenapa anak-anak sekolah senang menyontek. Mereka tidak ingin dibilang bodoh, atau kritis. Mereka mencari jalan untuk menyontek, mengakali. Dengan menyontek, harga dirinya tidak terluka. Ia tidak divonis bodoh karena tidak ada bukti ia bodoh. Ia bisa menyalahkan pendidikan otak tengahnya yang tidak teratur, atau mungkin guru lesnya atau orang tuanya. Ada banyak yang bisa disalahkan ketimbang mengakui diri bodoh.

Mencontek beda dengan bodoh. Bodoh artinya tidak memahami apa yang diajarkan walau sudah dijelaskan sedemikian jelas. Menyontek adalah proses meniru, sebuah proses aktif yang memerlukan sebuah keahlian. Dan pikiran anak sungguh kreatif. Anda tentunya terkesan betapa kreatifnya mereka, baik dalam hal positif maupun negatif, seperti berbohong. Adik saya yang balita bisa bercerita panjang lebar tentang bertemu buaya di sungai padahal faktanya ia tidak disitu.

Jadi bagaimana saat anda bisa melihat menembus kain? Well, anda mengira anda memang mempunyai kemampuan membaca menembus kain. Baik secara sugestif maupun dari psikologi anak sendiri. What you expect from a normal child?

Membaca dengan mata ditutup kain adalah hal yang klasik. Silakan kunjungi situs ini : http://www.bronnikovmethod.com/ Situs Rusia ini merupakan situs yang menawarkan Bukti kemampuan yang disebut Bronnikov Method. Dasarnya berbeda sama sekali dengan cerita otak tengah kita, tapi, hell, kemiripan buktinya itu loh. Situs ini sudah ditawari oleh James Randi Foundation sebesar 1 juta Dollar untuk membuktikan kalau orang yang ditutup matanya akan bisa membaca. Apa balasan mereka? Membaca dengan mata tertutup bukanlah tujuan dari metode kami, ia hanya salah satu konsekuensi. Dan setelah itu ia menolak tawaran 1 juta dollar tersebut, 10 Miliar rupiah bro! Tidak percaya? Baca disini : http://www.randi.org/jr/2006-05/051906sylvia.html

Yah. Katanya saat lahir kita punya bagian otak yang seimbang, lalu saat dewasa otak kita terspesialisasi jadi kiri dan kanan. Apa kata pakar psikologi pendidikan kita? “Orang-orang dan media yang tidak profesional biasanya melebih-lebihkan spesialisasi bagian dengan menyatakan bahwa otak kiri lebih logis dan otak kanan lebih kreatif. Namun, fungsi yang paling kompleks – seperti pemikiran kreatif dan logis – pada orang-orang normal melibatkan komunikasi antara kedua sisi otak” (Santrock, 46; Smith dan Bulman-Fleming, 2005). So apa manfaatnya mengaktifkan sebuah jembatan penghubung otak jika jembatan itu dari lahir sudah aktif dan terus menerus setiap hari kita gunakan?

Ada seorang ibu yang mengeluh tentang anaknya yang mimisan saat matanya ditutup.(http://www.thejakartaglobe.com/lifeandtimes/magic-in-mind-or-a-mirage/384104). Dan bukannya mengendarai sepeda dengan mata tertutup seharusnya dilarang karena berbahaya?

Akibat otak tengah yang terlalu aktif (Carrick, 2010)

James Randi sudah rela membayar 1 juta dollar untuk siapapun yang bisa membaca dengan mata tertutup kain. Ia sudah menguji 100 orang di penjuru dunia, dari China, Meksiko, Rusia hingga Jepang. Kenapa orang Indonesia tidak mencoba? Bukannya itu keren. Kalau anda tertarik silakan apply disini

Oh ya, tidak boleh pake trik ya. Murni kekuatan otak. Selama ini orang yang diuji ternyata menggunakan trik mengintip. Sebuah kain yang sedikit lebih tebal berada di bagian hidung, sehingga bagian bawah kain di bawah mata sedikit terangkat. Mata manusia cukup hebat, kamu bisa mengintip dari lubang yang kecil sekali. Apalagi untuk sekedar tulisan-tulisan linier di kertas atau roda sepeda disertai aba-aba. Inilah profil mereka yang katanya bisa membaca dengan mata ditutup kain:
Pengujian dengan Natalia: http://www.randi.org/jr/021502.html
Kisah Ranjana Agarwal dari India: http://nirmukta.com/2010/06/23/exposing-the-miracle-of-blindfolded-sight-the-story-of-ranjana-agarwal/
Yayasan James Randi

oh iya. Bahkan Indonesia sudah punya sejarah orang buta yang bisa membaca dengan mata tertutup kain. Tahun 1999, Neil Langdon Inglis melaporkan ia menyaksikan sebuah pagelaran tari di Indonesia yang menampilkan dua orang buta. Dan mereka bukan hanya buta, mata mereka ditutup dengan kain!

Sumber: http://www.faktailmiah.com/2010/09/08/aktivasi-otak-tengah.html

PERUMPAMAAN


Ketika berbicara tentang Perumpamaan, kita otomatis langsung berpikir tentang Yesus. Sesungguhnya perumpamaan bukan lah hal baru yang diciptakan oleh Yesus. Perumpamaan sudah menjadi bagian dari tradisi Ibrani. Yesus hanya menggunakan tradisi yang telah ada namun dengan beberapa perubahan. Oleh karena itu, saya akan memaparkan tentang perumpamaan dalam Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru.
Dalam PL                                                                                 
            Perumpamaan dalam PB menggunakan kata parabole dan dalam PL kata tersebut setara dengan kata mashal. Hal ini dapat kita ketahui dari penerjemahan kata mashal di dalam Septuaginta menjadi parabole. Hampir semua kata mashal diterjemahkan menjadi parabole di dalam Septuaginta kecuali Pengkhotbah 1:17.[1] Mashal memiliki tiga jenis:[2]
1. Merujuk pada kata-kata bijak (proverb) seperti 1 Sam 10:12; Yeh 12:22-23; 16:44, bisa juga merujuk pada pepatah (byword), sindiran (satire), celaan/ejekan (taunt), kata cemoohan (word of derision) seperti Yesaya 14:3-4; Habakuk 2:6; Bilangan 21:27-30; Ulangan 28:37; 1 Raj 9:7; 2 Taw 7:20 dan Maz 44:14, 69:11.
2. Merujuk pada teka-teki (riddles) seperti Maz 78:2, 49:4; Yeh 17:2, Ams 1:6.
3. Terakhir kata ini merujuk pada cerita parabel atau allegori seperti Yeh 24:2-5, 17:2-10, 20:49-21:5 dan Yes 5:1-7, 1 Raj 20:38-43, 2 Sam 14:1-11 dan yang paling terkenal adalah parabel Natan di dalam 2 Sam 12:1-4.
Dalam PB
            Dalam PB kata parabole merujuk kepada empat jenis:
1. Similitude yaitu cerita yang mengangkat pengalaman umum dari semua orang untuk dijadikan ibarat contohnya perumpamaan domba yang hilang (Mat 18:12-14; Luk 15:3-7).[3]
2. Parabel yaitu suatu cerita khas yang diciptakan secara khusus untuk menjelaskan suatu hal atau untuk menjawab seorang lawan bicara, tidak mengangkat suatu pengalaman umum contohnya perumpamaan anak yang hilang (Luk 15:11-32).[4]
3. Allegori yaitu suatu bentuk cerita dalam berbahasa yang hendak menyampaikan suatu kebenaran melalui sejumlah gambar yang dirangkai menjadi suatu cerita, untuk menyatakan berbagai segi dari kebenaran itu sekaligus menyelubunginya bagi orang luar.[5] Jika parabel ditujukan kepada lawan maka allegori ditujukan bagi anggota. Parabel digunakan untuk mendamaikan pertentangan, allegori digunakan untuk menyampaikan pesan yang hanya dimengerti oleh pihak dalam.[6] Contohnya perumpamaan perjamuan kawin (Mat 22:1-14; Luk 14:15-24)
4. Exemplum/ilustrasi yaitu cerita yang menggunakan contoh, misalnya dalam Luk 18:9-14 orang Farisi dan pemungut cukai dijadikan contoh.


[1] Robert H Stein, An Introduction to the Parable of Jesus (Philadelphia: The Westminster Press, 1981), hal. 16.
[2] Ibid., hal. 16 – 18.
[3] Liem Khiem Yang, Mendengarkan Perumpamaan Yesus: Suatu Pedoman (Jakarta: BPK Gunung Mulia, 1999), hal. 26.
[4] Ibid.
[5]Ibid., hal. 39.
[6] Eta Linnemann, Parables of Jesus: Introduction and Exposition (London: SPCK, 1982), hal. 7.

Mekanisme Dibalik Pikiran & Tindakan Manusia

Mekanisme Dibalik Pikiran & Tindakan Manusia

Oleh : Yan Nurindra

Pada acara hipnotis panggung (entertainment hypnosis), acapkali mempertunjukkan fenomena yang dianggap tidak masuk akal alias irasional. Sehingga bahkan tidak sedikit pihak yang menduga bahwa acara Stage Hypnosis hanyalah sekedar rekayasa untuk kebutuhan hiburan belaka.
Untuk memahami hal ini, mungkin sebaiknya kita mencoba untuk mencari tahu, apakah mekanisme yang terjadi di balik setiap tindakan manusia ? Hal ini mungkin dapat menjelaskan dengan baik berbagai kejadian dalam kehidupan sehari-hari yang sebetulnya sangat mirip dengan pertunjukkan hipnotis, yaitu bagaimana seseorang dapat melakukan tindakan yang “tidak masuk akal”.
Manusia bertindak dengan dilandasi pikiran, dan salah satu model psikologi menjelaskan bahwa pikiran terdiri dari bagian utama, yaitu : Pikiran Sadar (Conscious Mind) dan Pikiran Bawah Sadar (Sub-Conscious Mind).
Pikiran Sadar merupakan bagian dari pikiran kita yang bertugas untuk melakukan analisa dan pertimbangan-pertimbangan rasional, seringkali disetarakan dengan bagian kiri dari otak kita (Left Brain).
Pikiran Bawah Sadar berisikan database yang mencerminkan diri kita, dimana database ini merupakan akumulasi dari berbagai pemahaman, penalaran, pengalaman, bahkan penularan (induksi dari pihak lain) sejak mulai kita lahir sampai dengan hari ini.
Pikiran Bawah Sadar seringkali disetarakan dengan bagian kanan dari otak kita (Right Brain), oleh karena itu Pikiran Bawah Sadar merupakan wilayah yang didominasi oleh rasa dan emosi.
Yang paling menarik, Pikiran Bawah Sadar cenderung bersifat “netral” terhadap data atau informasi yang masuk. Netral artinya tidak mengenal “baik” dan “buruk”, “salah” atau “benar”. Suatu data yang telah “berhasil” memasuki Pikiran Bawah Sadar dan telah menjadi memori permanen, maka dianggap sebagai “kebenaran”, walaupun mungkin sebenarnya data tersebut relatif “salah” berdasarkan kaidah umum.
Contoh klasik, pada saat kita kecil, ketika orang tua kita mengatakan “… awas jangan main jauh-jauh, nanti kamu diculik hantu ….”, maka Pikiran Bawah Sadar seorang anak tentu tidak memahami apakah pernyataan tersebut “benar” atau “salah”, yang lebih dipahami adalah bahwa kata-kata orang tua pasti “benar” adanya, maka sejak saat itu di Pikiran Bawah Sadar terdapat data, bahwa hantu itu ada !
Hal lain yang menarik, bahwa ternyata porsi Pikiran Bawah Sadar ternyata sangat dominan dalam menentukan tindakan seseorang, Sebuah buku yang berjudul “Peace of Mind” dari Sandy Mc Gregor menyatakan bahwa kontribusi Pikiran Sadar hanyalah 12%, sedangkan kontribusi Pikiran Bawah Sadar adalah 88%.
Dari penjelasan di atas, jelas bahwa pikiran rasional saja tidaklah “cukup” untuk mewujudkan suatu tindakan ! Karena rasional adalah tugas dari Pikiran Sadar yang hanya berkonstribusi sebanyak 12% terhadap mekanisme suatu tindakan.
Oleh karena itu, walaupun mungkin anda belum pernah melihat hantu, atau secara rasional seharusnya hantu tidak perlu dianggap ada, tetapi saya yakin ketika anda melewati kamar mayat RSCM di tengah malam pasti anda akan takut ! Artinya, rasio anda tidak cukup mampu untuk membuat anda “berani”, karena Pikiran Bawah Sadar anda “terlanjur” mempercayai bahwa fenomena hantu adalah benar adanya !
Dengan komposisi kontribusi Pikiran Sadar 12% vs Pikiran Bawah Sadar 88%, maka kita dapat dikatakan nyaris merupakan “mahluk bawah sadar” !
Dari uraian di atas mungkin banyak hal yang sebenarnya tidak kita inginkan, tetapi “terlanjur” masuk ke pikiran bawah sadar karena banyaknya induksi dalam kehidupan ini.
Setiap orang secara alamiah pasti memiliki keinginan untuk selalu bergerak maju, tetapi di sisi lain seringkali yang terjadi justru mereka “berbelok” atau “ditarik” ke arah yang sebaliknya oleh pikiran bawah sadar. Pikiran bawah sadar dapat menjadi kekuatan yang mendukung keinginan kita, atau sebaliknya dapat menjadi musuh kita yang paling kuat !
Dari berbagai hal yang telah dipaparkan, mungkin timbul suatu pertanyaan, dapatkah kita “membuang” hal-hal yang tidak memberdayakan yang sudah “terlanjur” berada di pikiran bawah sadar kita ? Dapatkah kita memasukkan hal-hal yang lebih positif ke pikiran bawah sadar sehingga pikiran bawah sadar akan bergerak selaras dengan keinginan kita ?
Jawabannya dapat ! Hipnotis adalah salah satu cara yang efektif untuk pemrograman dan pemrograman ulang pikiran bawah sadar !

ANCHOR

Anchor

Oleh : Yan Nurindra

Terminologi Anchor diperkenalkan oleh pengetahuan NLP. Anchor secara sederhana adalah suatu “stimulus” yang akan menghasilkan “response” atau reaksi tertentu.
Sebagai suatu ilustrasi sederhana, biasanya pada pagi hari walaupun kita sudah makan 2 potong roti, bahkan 1 mangkuk mi instant, mungkin kita merasa “belum makan”, karena kita belum makan nasi. Sebaliknya dengan hanya makan semangkuk nasi dengan lauk kecap dan krupuk, mungkin kita sudah merasa kenyang. Apakah sebenarnya yang terjadi ?
Bagi mayoritas orang Indonesia, nasi lebih merupakan kebutuhan “psikologis” dibandingkan dengan kebutuhan biologis. Nasi sudah menjadi “Anchor” bagi kita, seperti halnya syntax di program komputer, yaitu “if makan nasi …. then kenyang”.
Dari ilustrasi di atas, mungkin dalam kehidupan riel sehari-hari sangat banyak Anchor yang terdapat dalam diri kita, misalkan “if di tempat gelap then takut”, “if di tempat tinggi then gemetar”, dan mungkin masih sangat banyak Anchor-Anchor lainnya.
Dalam Hypnotherapy seringkali Hypnotherapist harus mencari berbagai Anchor yang mungkin terkait dengan permasalah Client, dan dilakukan proses “Collapsing” jika Anchor tersebut negatif.
Para Stage Hypnotist juga sering membuat Anchor untuk menghasilkan efek yang hiburan yang dramatis, walaupun Anchor jenis ini biasanya bersifat temporer. Kalangan hipnotis masa lampau tidak akrab dengan istilah Anchor, mereka lebih mengenalnya sebagai Post Hypnotic Suggestion, atau sugesti yang tetap bekerja walaupun hipnotis sudah diakhiri.
Anchor memiliki berbagai bentuk, mulai dari Visual, Audio, Kinestetik, dll. Anchor yang relatif kuat adalah Anchor dari kelompok Kinestetik.
Dalam Hypnotherapy, Anchor dapat dipergunakan secara luas, mulai dari hanya sekedar untuk mempermudah proses Re-Hypnotization, sampai dengan pembuatan simbol-simbol untuk kebutuhan khusus, misalkan untuk membantu Client memicu rasa percaya diri yang lebih kuat di saat membutuhkannya.
Dalam Hypnotherapy sebaiknya Anchor didesain berdasarkan kesepakatan dengan Client agar dapat menimbulkan efek yang permanen.
Pada pertunjukkan Hipnotis di panggung (Stage Hypnotism), biasanya Anchor dibuat dengan simbol-simbol yang unik, dikarenakan akan dipergunakan untuk menghasilkan efek hiburan yang dramatis. Misalkan ketika Stage Hypnotist mengangkat tangan kirinya, maka Subyek akan tertawa terbahak-bahak, sebaliknya jika Stage Hypnotist mengangkat tangan kanannya, maka Subyek akan bersedih. Anchor pada pertunjukkan Hipnotis panggung biasanya hilang efeknya dengan sendirinya setelah beberapa waktu, bahkan ketika tidak dinormalkan kembali oleh sang Hypnotist.

Hipnoterapi Sebagai Komplementer Dalam Penanganan Menopause

Hipnoterapi Sebagai Komplementer Dalam Penanganan Menopause

Oleh : dr. Stephanus P. Nurdin, The Indonesian Board of Hypnotherapy (IBH)


Menopause merupakan suatu proses alamiah. Masa transisi menopause merupakan saat yang baik untuk meninjau kembali ada atau tidaknya faktor resiko terhadap beberapa penyakit yang akan dialami dikemudian hari. Menopause sendiri dapat diartikan tidak mendapatkan haid selama 12 bulan setelah hari terakhirnya seorang wanita mendapatkan haid. Berbagai macam keluhan atau gejala yang timbul oleh karena adanya perubahan hormonal dan masalah-masalah proses penuaan serta keluhan lain yang berhubungan dengan perasaan subyektifitas. Berbagai cara penanganan dan pencegahan pada keluhan yang timbul pada menopause seperti pengaturan makanan, olah raga yang cukup, pemberian terapi horman pengganti dan pengelolaan diri akan memberikan warna baru bagi seorang wanita dalam menjalankan kehidupannya.
Dewasa ini pengelolaan diri sangatlah penting dalam pencapaian proses penyembuhan, dimana pengelolaan diri sangat berpengaruh disaat seseorang sedang menjalani suatu terapi obat tetapi bila dirinya tidak termotivasi untuk sembuh tentunya obat-obatan yang diminumnya tidak akan memberikan hasil yang maksimal. Motivasi diri ini harus timbul dari dalam dirinya sendiri, dimana dorongan dari dalam diri tersebut akan memaksimalkan kerja atau efektifitas dari obat-obatan tersebut. Bentuk pengelolaan diri ini dapat ditempuh dengan banyak cara seperti berdoa, meditasi kesehatan dan yoga, termasuk didalamnya adalah dengan menggunakan metode hipnosis/ hipnoterapi.
Kata kunci : menopause,hipnoterapi
Mengenal Menopause
Menopause merupakan perjalanan normal seorang wanita, dimana sesuai dengan pertambahan umur, tentunya semua fungsi organ tubuh juga mulai menunjukkan adanya perubahan-perubahan yang signifikan. Salah satunya adalah menurunnya fungsi organ reproduksi yaitu ovarium, dimana pada usia sekitar 45 tahun ditandai dengan keluhan haid yang mulai tidak teratur. Biasanya ditandai dengan memendeknya siklus haid dibandingkan dengan siklus haid pada wanita yang lebih muda.
Menopause ditandai dengan tidak mendapatkan haid selama 12 bulan setelah hari terakhirnya seorang wanita mendapatkan haid.
Keluhan serta gejala klinis Menopause
Keluhan dan gejala klinis menopause terdiri dari:
1. Keluhan Vasomotor
Hot Flushes, rasa semburan panas, terjadi perubahan kulit yang mendadak, menjadi merah pada daerah dada, leher dan kepala yang biasanya diikuti keringat yang banyak, biasa terjadi pada malam hari, sehingga sering bangun waktu sedang tidur.
Gejala subyektif : semburan rasa panas di wajah, dada maupun leher.
Gejala obyektif : warna merah di kulit kepala,leher maupun dada.
Perubahan fisik : Vasodilatasi perifer, takikardia, tensi normal, temperatur
kulit normal kadang lebih rendah.
Mekanisme terjadinya sampai sekarang tidak diketahui. Teori yang pernah dikemukakan : aktivasi hilangnya panas, menurunnya sistem sentral thermostat tubuh, pengaruh kadar rendahnya estrogen.
Berat ringannya gejala tersebut tergantung kultur, sosio-ekonomi, faktor kejiwaan.
Bila semburan panas terjadi biasanya akan mengganggu pola tidur pada malam hari., bila berkepanjangan tidak jarang terjadi insomnia. Keadaan ini akan mengganggu kualitas hidup, termasuk kehidupan seksual.
Gangguan vasomotor lain: gangguan perasaan, cemas, mudah tersinggung, daya ingat menurun, lekas lelah, libido turun, depresi sakit kepala dan nyeri-nyeri sendi.
2. Keluhan Atrofi Urogenital
Terjadi perubahan pada epitel vagina dimana terjadi atrofi oleh karena terjadinya penurunan kadar estrogen. Saat terjadi atrofi tersebut menyebabkan berkurangnya vaskularisasi jaringan sekitar genitalia dan berakibat berkurang sampai menghilangnya elastisitas jaringan
Gangguan tersebut menyebabkan vagina kering, iritasi, timbulnya keputihan diikuti infeksi, dispareunia dan perdarahan pasca senggama. Gangguan juga menyebabkan disuria, nokturia, inkontinensia, dan semua keluhan yang termasuk di kelompok infeksi saluran kencing.
3. Osteoporosis
4. Penyakit Kardio Vaskuler
Dari semua keluhan dan gejala di atas pada beberapa wanita sering sekali pada akhirnya menimbulkan kecemasan dan menjadi depresi. Berat dan ringannya kelainan ini berhubungan juga dengan keadaan masa reproduksi, masa menstruasi, keadaan pasca persalinan dan menopause. Depresi klinik ini mencapai puncaknya saat usia 30 tahun, bukan di usia 40 tahun. Gangguan kecemasan dan depresi ini tidak berhubungan dengan adanya penurunan hormon. Patut disyukuri bahwa pada kenyataannya hanya sebagian kecil saja wanita pada masa menopause ini yang mengalami depresi dan lebih banyak wanita dapat melewati masa transisi menopause ini tanpa terganggu kehidupan sehari-hari baik secara emosi dan masalah psikologis lainnya.
Dalam penatalaksanaan menopause unsur yang terpenting adalah merubah pola hidup dengan memodifikasi gaya hidup seperti perbaikan nutrisi, olah raga dan menghilangkan stres dan depresi sehingga mereka dapat meningkatkan kualitas hidup baik dalam keseharian dan juga dalam kehidupan seksual. Salah satu cara atau lebih tepat disebut pelengkap atau komplimenter dalam penanganan menopause adalah dengan menggunakan hypnotherapy, suatu teknik pengobatan dengan menggunakan metode hypnosis.
Hypnotherapy
Hipnoterapi adalah suatu teknik pengobatan dengan menggunakan proses atau metode hypnosis.
Masih banyak orang yang beranggapan salah dalam pemahaman hipnosis. Banyak yang mengatakan hipnosis itu jahat, ilmu hitam, sihir dan masih banyak lagi sebutan yang sejenis atau mempunyai kemiripan arti. Selalu ditafsirkan ilmu yang negatif.
Sebenarnya tanpa disadari, setiap hari kita sebagai manusia yang hidup di muka bumi ini mengalami proses hipnosis, sebagai contoh saat kita menikmati tayangan televisi, sinetron, kita ikut merasakan suatu perasaan atau sensasi saat menonton tersebut, sedih senang, kecewa, marah. Itu adalah peristiwa hipnosis. Waktu jaman saya dulu, sewaktu pulang dari bioskop, sehabis menonton film laga Bruce Lee, saya melihat orang-orang termasuk diri saya sendiri, berjalan dengan dada tegap terbusung, terpengaruh film tersebut seakan-akan diri kita menjadi jagoan. Itu juga disebut hipnosis.
Contoh lain yang sering tidak kita sadari, orangtua kita,sejak kita masih kecil sampai besar, sering dinasihati, sering diberi peringatan-peringatan, baik urusan makan, sekolah, cita-cita, pergaulan, saling menghormati dan menyayangi, hormat pada orangtua dan lain-lain, semuanya disampaikan kepada kita berulang-ulang kali dan berulang-ulang kali sampai kita dewasa. Apa hasilnya sekarang? Pasti semua yang ditanamkan adalah hal-hal yang baik dan kitapun melakukan semua yang baik.
Jadi apakah hipnosis itu?
Hipnosis adalah:
1. Suatu teknik atau ilmu komunikasi yang persuasif dan sangat luar biasa sehingga dapat membuat seseorang dapat terpengaruh.
2. Suatu teknik atau cara menurunkan gelombang otak.
3. Suatu seni dalam hal pengelolaan alam bawah sadar.
4. Suatu kondisi pikiran yang dihasilkan dari sugesti
5. Suatu kondisi yang menyerupai tidur.
6. Dan masih banyak lagi.
Yang terjadi sekarang.
Dengan berkembangnya ilmu pengetahuan seiring semakin mudahnya mendapatkan informasi, baik dari media massa, televisi, radio, iklan, internet yang banyak memaparkan tentang kesehatan khususnya menopause, kita wajib bersyukur bahwa akhirnya kita mendapat banyak sekali informasi-informasi tentang kesehatan. Semua sarana itu banyak sekali memuat informasi yang sangat lengkap, baik tentang penyebab suatu penyakit, bagaimana bisa menjadi sakit dan juga memuat pengobatan serta kiat-kiat untuk menghindari penyakit itu, sehingga secara sadar kita akan selalu waspada dan akan bersikap selalu siap menghadapinya.
Tetapi dibalik itu, apakah kita menyadarinya bahwa sesungguhnya semua informasi yang sudah masuk ke dalam ingatan kita, yang terekam dalam ingatan kita, akhirnya akan membuat sebagian orang, khususnya wanita, informasi itu benar-benar menjadi kenyataan yang sesungguhnya.
Ternyata informasi tentang menopause ini sering sekali diberikan oleh dokter pada saat seorang wanita datang untuk berobat. Tidak dapat dipungkiri bahwa tidak semua wanita menyadari keberadaan status menopausenya, karena banyak juga wanita yang tidak ambil pusing ketika haid sudah berhenti.
Yang sering membuat seorang wanita datang kepada dokternya adalah keluhan haid menjadi tidak teratur atau makin banyak, berbeda dengan kebiasaan haid yang didapat sebelum itu. Terkadang bahkan sering mengeluhkan keluhan yang lain seperti mudah lelah, merasa ngilu atau sakit pada persendian, susah tidur, sakit saat buang air kecil. Biasanya dapat diatasi dengan pengobatan yang sesuai dan tentu saja diberikan terapi pengganti hormon untuk menambah yang mulai berkurang dengan segala konsekuensinya. Sebagian wanita mengalami keluhannya berkurang bahkan keluhan menjadi hilang.
Timbul permasalahan adalah ketika wanita tersebut mengeluhkan bahwa keluhan tersebut menjadi bertambah berat, meskipun sudah diobati bermacam-macam obat, keluhan dan sakitnya tidak sembuh juga. Bahkan timbul keluhan baru seperti stres bahkan depresi. Stres memikirkan sakitnya, bahkan stres memikirkan keluarga terutama suaminya karena dirinya merasa sudah tidak bergairah dan kurang memuaskan suaminya, stres memikirkan usia yang bertambah tua, keriput, menjadi kurang menarik, takut ditinggalkan suaminya. Sebagian wanita dapat mengatasi masalah tersebut, dengan cara menyibukkan dirinya dengan suatu hobbynya, aktif olah raga, senam atau aktif di suatu perkumpulan atau organisasi. Ternyata ada sebagian wanita yang tidak mampu mengatasinya, sehingga dirinya tidak mampu bertahan sampai ingin mengakhiri hidupnya.
Keluhan-keluhan tersebut banyak diartikan oleh dokter adalah gangguan psikosomatis, maka sering sekali pada akhirnya wanita ini dirujuk ke psikologi atau juga ke ahli jiwa. Biasanya diberikan pengobatan anti depresi, penenang. Pengobatan ini banyak membawa hasil yang baik. Tapi ada juga yang mengeluh “sampai kapan saya menggunakan obat itu”, ada juga yang berpikir “nanti saya menjadi ketergantungan obat”, “nanti kalau tidak minum obat keluhan ini menjadi lebih parah lagi”. Belum lagi terkadang membuat seorang wanita menjadi kurang bergairah, mengantuk terus setiap minum obat tersebut bahkan akhirnya timbul kebosanan.
Dalam hal menopause dini, suatu fase menopause yang terjadi sebelum masa sebenarnya seorang wanita mengalami menopause, sebagai contoh seorang wanita yang mengalami operasi seputar kandungan. Hal ini membuat seorang wanita juga akan mudah masuk ke keadaaan stres. Jangankan masalah menopause, seorang wanita yang mengeluh tidak mendapat haid yang berkepanjangan dalam masa reproduksi, itu saja sudah membuat stres.
Bayangkan saja, sepasang suami istri yang menginginkan keturunan, ternyata istri mempunyai keluhan haid tidak teratur, atau siklusnya lama, ditambah lagi dihubungkan usia perkawinan boleh dibilang sudah lama, usia wanita tersebut hampir melewati usia aman untuk dapat hamil dan ternyata wanita ini pernah mengalami operasi seputar kandungan, bayangkan bila masalah-masalah ini muncul secara bersamaan, bukankah menjadi beban pikiran yang sangat berat.
Bayangkan jugapermasalahan dalam hal terlambat atau haid tidak datang-datang. Ada yang merasa menjadi gemuk kalau tidak haid, kurang sehat, badan menjadi sakit, tidak enak badan, sering masuk angin, merasa kembung dan lain-lain. Hal ini juga terkadang membuat stres.
Hipnosis pada menopause
Berdasarkan hal-hal di atas, maka jelas bahwa segala sesuatu dari keinginan kita, apapun yang diinginkan, terletak pada diri kita sendiri. Disaat kita berpikir akan sesuatu hal maka hal ini dapat menjadi kenyataan. Oleh karena itu, saya sering memberikan masukan ataupun pengertian kepada teman-teman sejawat, bahwa cara dan teknik berkomunikasi atau apa yang akan kita sampaikan kepada pasien atau orang lain memegang peranan penting dalam hal pencapaian suatu keberhasilan, baik kesembuhan ataupun menemukan solusi dari permasalahan yang ada. Maka dalam hal menangani masalah menopause hendaknya pernyataan atau perkataan kita kepada pasien “menopause adalah suatu siklus kehidupan yang normal pada wanita” harus sering kita sampaikan dan kita tanamkan dengan sangat kuat pada setiap wanita. Perlu disampaikan juga bahwa gangguan haid dan semua keluhan-keluhan yang ada, baik gejala psikosomatis sampai pada kelainan fisik yang terjadi, semuanya disebabkan suatu proses yang normal. Dengan awal yang baik kita melakukan kebiasaan tersebut termasuk belajar mendengarkan dan mencatat semua keluhan pasien, akan menjadikan pasien merasa tenang dan pasrah, akhirnya siap menghadapinya.
———–
Materi ini dibawakan pada Acara World Menopause Day, Hotel Borobudur 16 - 19 November 2006 dan Simposium Nasional PERMI, Hotel yang sama 21 - 22 April 2007.

Bagikan

Delete this element to display blogger navbar