Pages

Minggu, 24 Juli 2016

ETIKA BERKUNJUNG KE RUMAH SAKIT

ETIKA BERKUNJUNG KE RUMAH SAKIT

Saat ada rekan sakit dan dirawat di rumah sakit, hal-hal di bawah ini penting diperhatikan (tidak harus dituruti jika tak sependapat):

1. Pada dasarnya mereka yang sedang dirawat pastilah sedang sakit dan butuh istirahat. Menjenguk memang baik, tapi perlu diperhatikan juga apakah sudah banyak yang menjenguknya atau tidak. Itulah kenapa saya termasuk orang yang tidak pernah datang menjenguk di hari pertama rekan dirawat di RS. Hari pertama akan menjadi hari paling banyak pasien dikunjungi. Bahkan saya lebih sering berkunjung saat pasien sudah di rumah.

2. Sekali lagi, pasien butuh istirahat. Jika ingin berkunjung, sebisa mungkin tidak terlalu lama. Karena mereka butuh istirahat. Bisa bayangkan jika satu kunjungan menghabiskan waktu 1 jam dan dalam 1 hari bisa ada 10 kunjungan, apa yang akan terjadi dengan pasien?


3. Saat membawa makanan untuk menjenguk, ingatlah bahwa yang butuh dibawakan makanan bukan hanya pasien tapi juga keluarga yang menjaga. Bahkan pasien tidak bisa sembarangan makan. Jadi lebih baik bawa makanan untuk keluarga yang mungkin tidak sempat membeli makanan.


4. Jauhilah sikap menghakimi mereka yang sakit dengan mengatakan, "Mungkin ini teguran dari Tuhan. Mungkin kecelakaan ini terjadi karena kamu berdosa. Cepet mohon ampun sama Tuhan."

5. Sebisa mungkin jangan ikut campur dalam proses pengobatan pasien dengan merekomendasikan obat-obatan lain di luar dari yang diberikan dokter. Sungguh, hal ini bisa sangat membahayakan. Apalagi jika pasien percaya dengan usul kita dan meminum obat yang kita usulkan bersamaan dengan obat yang dokter beri.


Salam,

Nuryanto Gracia

0 komentar:

Posting Komentar

Protected by Copyscape Duplicate Content Detection Tool

Delete this element to display blogger navbar