Pages

Senin, 25 Maret 2024

TERANG DULU ATAU GELAP DULU?

GELAP TIDAK ADA?

Habib Ja'far mengatakan "Dalam filsafat, gelap itu secara hakiki ga ada. Gelap itu keadaan tidak adanya terang." Padahal secara hakiki, gelaplah yang ada, mengapa:
1. Kejadian 1:2, "Bumi belum berbentuk dan kosong: gelap gulita ..." Dalam alkitab jelas dikatakan bahwa gelaplah yang pertama hadir, bukan terang. Justru terang ada setelah benda-benda penerang diciptakan. 
2. Untuk bisa "berada" terang membutuhkan objek lain, untuk membantunya berada, sedangkan gelap tidak memerlukan apapun untuk berada. 
3. Gelap terjadi bukan karena menghilangnya terang, tapi terang menghilangkan gelap. Ini dua hal yang berbeda. Jadi, terang bukan "pengada" gelap, justru gelaplah pengada terang. Tanpa adanya gelap, orang tidak akan tahu adanya terang. 
4. Di akhir dunia (entah versi agama ataupun sains) yang ada adalah kegelapan. Bintang akan mati, meledak dan beberapa akan menjadi black hole. Beberapa mengatakan bahwa tidak diketahui apakah blackhole memiliki cahaya atau tidak karena gravitasi yang kuat menarik seluruh cahaya ke tengahnya. Tapi, menurut teori radiasi Hawking, suatu saat blackhole akan menguap begitu saja. 

Jadi, kegelapan adalah awal dan akhir.

*Nuryanto, mahasiswa S2 di Sekolah Tinggi Filsafat Driyarkara 

0 komentar:

Posting Komentar

Protected by Copyscape Duplicate Content Detection Tool

Delete this element to display blogger navbar