Pages

Minggu, 26 Mei 2024

YESUS BUKAN KRISTEN

YESUS BUKAN KRISTEN

Karena algoritma YouTube saya lagi rame sama mualaf yang nyerang kekristenan, saya jadi mau bahas sesuatu nih. Tapi ini ga ada maksud nyerang agama apapun yah, hanya membahas logika bahasa dari si penyerang. Sekali lagi, logika bahasa dari penyerang, bukan agamanya. Kata "kalian" yang dipakai juga bukan untuk teman-teman muslim secara keseluruhan, tetapi hanya kepada si penyerang yang dimaksud dalam tulisan di atas.

Ada yang bilang gini:
Yesus itu bukan Kristen, tapi Islam, kenapa? Karena Yesus:
1. Berdoa sujud (Mat 26:39)
2. Disunat (Luk 2:21)
3. Tidak makan babi (tidak ada ayat jelas yang menulis tentang ini)
4. Berdoa kepada Allah (Mark 1:35)
5. Yesus mengajarkan bersyahadat (Yoh 17:3)
6. Yesus puasa (Mat 4)
7. Yesus mati dipakaikan kafan (Mat 27:59)
8. Yesus tidak ke gereja tetapi ke bait Allah dan Sinagoge (Luk 2:46; Mat 4:23)

Betul, Yesus melakukan semua itu. Tapi, karena Yesus melakukan itu, bukan berarti Yesus adalah seorang muslim, melainkan Yesus adalah seorang Yahudi yang beragama Yahudi. Semua ritual di atas adalah ritual Yahudi. Ga percaya? Cek kitab-kitab Yahudi.

Selain 8 hal di atas, sebagai orang Yahudi, Yesus juga dibaptis. Yesus mengikuti hari raya Yahudi. Yesus berdoa bukan kepada Allah dalam konsep Islam tetapi kepada YHWH. Yesus beribadah pada hari Sabat. Hal-hal ini tidak diajarkan di Islam kan? Lalu apa yang membuat Yesus menjadi Islam jika semua yang Dia lakukan adalah bentuk kewajiban-Nya sebagai orang Yahudi?

Selain itu, logika berikutnya yang tidak pas adalah kalian mengatakan kitab suci orang Kristen sudah diedit, tapi kalian mengutip ayat-ayat yang sudah diedit itu untuk menunjukkan bahwa Yesus adalah orang Islam. Bagaimana mungkin kalian menggunakan sesuatu yang menurut kalian tidak valid sebagai dasar argumen kalian?

Kalo kalian nanya, "Yesus kan Tuhan, kok Dia beragama dan berdoa kepada Tuhan? Masa Tuhan berdoa kepada Tuhan?" "Kalo Yesus agamanya Yahudi, harusnya pengikut Yesus juga beragama Yahudi dong, masa beragama Kristen, katanya pengikut Yesus." Itu beda topik lagi yah. Topik yang saya bahas adalah sesuai dengan paragraf pertama tulisan ini.

Sekali lagi, tidak menyerang agama tertentu tetapi menjawab logika yang dipakai oleh mereka yang mengatakan Yesus adalah orang Islam.

*Nuryanto Gracia, mahasiswa S2 Filsafat Keilahian di STF Driyarkara

0 komentar:

Posting Komentar

Protected by Copyscape Duplicate Content Detection Tool

Delete this element to display blogger navbar