Rabu, 14 Oktober 2015

ORANG ISLAM JAHAT YAH?

ORANG ISLAM JAHAT YAH?

"Pi, orang Islam jahat yah? Kok gereja dibakar?"
Tanya anak saya yang berumur 5 tahun (Zia) setelah melihat berita pembakaran gereja di Aceh Singkil.
Apa yang harus saya jawab? Bingung mulai melanda. Salah jawab maka saya bisa menanamkan nilai-nilai salah yang akan terbawa terus sampai besar. Cukuplah sudah kebencian kepada agama lain merasuk dalam diri orang-orang dewasa, jangan sampai masuk juga ke diri mereka yang masih anak-anak.
Saya: Di sekolah kamu kebanyakan anak-anaknya Cina ya?
Zia: Iya pi, kaya kk zia
Saya: Ada yang nakal ga?
Zia: Ada pi...namanya Andro (Nama disamarkan)
Saya: Kamu kesel ga?
Zia: Kesel banget pi.
Saya: Jadi kamu kesel sama semua orang cina karena bandel dan menyebalkan?
Zia: Enggalah pi... Yang ngeselin kan si Andro, bukan orang cina
Saya: Nah yang ngebakar gereja juga punya nama, bukan semua orang Islam. Jadi ga semua orang Islam jahat. Orang Kristen juga ada yang jahat kok, suka ngebakar mesjidnya orang Islam.
Zia: Oh ada orang Kristen yang bakar mesjid?
Saya: Ada, bahkan yang melakukan kejahatan lebih serem lainnya juga ada. Jadi ga boleh benci semua orang dari agama lain karena tidak semuanya salah. Dan seandainya mereka salah juga tidak boleh kita benci. Jika kamu benci mereka akhirnya nanti jika kamu sudah besar, kamu bisa ngebakar mesjid.
Zia: Engga mau pi, itu kan jahat...
Saya: Nah karena itu jangan benci mereka. Doakan mereka agar rasa benci di dalam diri mereka sedikit demi sedikit berkurang. Dan doakan juga orang-orang yang gerejanya di bakar biar ga membenci yang membakar gereja mereka. Doakan juga biar mereka tidak saling benci

Zia: Nanti kk zia yang doa pas mau tidur yah pi.
Saya: Iya...
Mau sampai kapan bahasa agama disampaikan dengan bahasa kekerasan? Mau sampai kapan nilai-nilai kekerasan dalam beragama kita tampilkan kepada anak-anak kita? Mau sampai kapan kebencian dibalas dengan kebencian?


Nuryanto Gracia

Bagikan

Delete this element to display blogger navbar