Senin, 02 Juli 2012

MENJADI GURU


 MENJADI GURU

Berikut ini adalah kumpulan rangkaian tweet saya di twitter @ketozia tentang Menjadi Guru

Setiap qt pst akan/pernah menjadi guru. Seorang kakak mendidik adiknya atau mgkn sebaliknya. Org tua mendidik anaknya. Atasan mendidik bawahannya atau mgkn sebaliknya. Pdt mendidik jemaat atau sebaliknya. Cwo mendidik pacarnya yg cwe atau sebaliknya. Tuan mendidik anjingnya atau mungkin sebaliknya. Jd qt semua terlibat dlm proses pendidikan dan mau tdk mau jg menjadi guru.

Menjadi guru adlh pekerjaan yg menyenangkan sekaligus menyebalkan. Menjadi guru mrupakan pekerjaan yg perlu tanggung jawab besar. Menjadi guru bkn hanya sekadar transfer ilmu tp jg transfer keinginan (curiosity) untuk mencari ilmu lbh lagi dan jg transfer perilaku. Jika guru membuat murid tdk minat bljr maka dia blm berhasil mjd guru. Jika seorg guru membuat karakter muridnya mjd buruk, dia jg (sptnya) blm berhasil mjd guru.

Ketika guru tdk mendidik dgn baik, yg rugi bkn aj dirinya sendiri tp jg muridnya dan masa dpn dmn muridnya nnt akan hadir. Seorg guru hrs mjd inspirasi yg baik bagi muridnya. Teladan guru sgt membentuk karakter murid. 

Seorg anak dtg ke pdt, minta kucingnya yg skt didoakan. Dgn kesal si pdt berdoa "hai kucing, klo mw hdp, hdplah; klo mw mati, matilah. Amin." Ketika sang pdt skt. Sang anak dtg dan mendoakannya "hai pdt, klo mw hdp, hdplah. Klo mw mati, matilah. Amin" Itulah teladan.

Ad bbrp hal yg perlu diperhatikan oleh seorg guru dlm mendidik muridnya. 

1.      Tdk ad 1 pun murid yg tak berguna. Mrk msh mampu melakukan hal terbaik yg mrk bs. Oleh krn itu harapkan yg terbaik dr mrk. Henry L. Stimson "1-1nya cara membwt org dpt dipcy adlh dgn mpcyai dia, n cara yg tpt membwt dia tdk dpt dipcy adlh dgn tdk mpcyainya." John W. Gardner "jk km menghargai org lain sbagaimana mrk ad, km dpt lbh efektif menolong mrk untuk mjd lbh baik drpd mrk skrg."

2.      Kenali kehidupan murid qt dan kebutuhannya dgn baik. Setiap org pny latar belakang hidup dan kebutuhan yg berbeda.

3.      Guru hrs mampu menciptakan suatu lingkungan dmn kegagalan bknlah suatu yg fatal. Mampu mengoreksi kesalahan tanpa menghilangkan semangat. Charles F. Kettering "Tgs utama dr pendidik adlh mengajar org lain untuk mengatasi kegagalan dgn cerdik."

4.      Berikanlah teladan yg baik. Edmund Burke mengatakan "teladan adlh sekolah bagi manusia n mrk tdk bljr dr hal yg lain."

5.      Guru hrs mengenali dan memberikan pujian atas prestasi yg tlah murid capai.

6.      Bkn hny memuji, guru pun hrs menegur kesalahan. Tetapi ingat "pstkan teguranmu membuat mrk menghindari prilaku tsb, bkn menghindarimu."

7.      Bangkitkan semangat dlm diri anak murid qt. Burt Struthers mengatakan "manusia gagal bkn krn bodoh, tp ktn tdk cukup bersemangat." Salah satu cara membangkitkan semangat murid adalah bangkitkan amarah mrk. Tampaknya cukup aneh ya. Martin Luther mengatakan "ketika sy marah, sy dpt menulis, berdoa, n berkhotbah dgn baik krn sluruh temperamen sy dibangkitkan ..." Tetapi guru hrs berhati2 jgn sampai murid salah menyampaikan amarahnya.

8.      Setiap kali guru berurusan dgn pembuat keributan, perhatikan sisi baik org tsb. Namun jk sdh tdk bs ditolerir maka singkirkan dia.

9.      Walaupun begitu, tetaplah mjd sahabat untuk murid-murid qt.

Kegembiraan seorg guru adalah melihat muridnya mengalami perubahan ke arah yg lbh baik.

Karya: Nuryanto Gracia

Sumber: 

Andar Ismail. Selamat Menabur: 33 Renungan Tentang Didik-Mendidik. BPK Gunung Mulia.

Daud Adiprasetyadan Joas Adiprasetya. Dilarang Kencing Di Sini: Khayal dan Perenungan Dua Pendeta dari Dua Generasi. Grafika Kreasindo.

Alan Loy McGinnis. Bersikap Positif terhadap Orang Lain. Metanoia.

Bagikan

Delete this element to display blogger navbar