Jumat, 29 April 2011

Masa Lalu, Masalah Lu?


MASA LALU, MASALAH LU?

Ada yang tidak punya masa lalu? Saya rasa setiap kita pasti mempunyai masa lalu. Tanpa masa lalu, kita tidak mungkin seperti saat ini. Masa lalu adalah masa kita dibentuk menjadi sesuatu seperti saat ini. Masa lalu sering diartikan masa berpuluh-puluh tahun atau setidaknya bertahun-tahun lalu. Padahal satu menit yang telah kita lalui itu pun juga adalah masa lalu. Jadi, masa lalu adalah masa yang telah kita lalui.
Pasti banyak pengalaman yang telah kita lalui, pengalaman suka maupun duka, pengalaman keramahan maupun kemarahan sesama kepada kita. Pengalaman suka sungguh menyenangkan untuk dikenang. Lalu bagaimana dengan pengalaman duka? Seringkali, pengalaman duka enggan untuk kita buka. Kita inginnya pengalaman itu tertutup untuk selamanya. Kita takut apabila pengalaman itu kita buka lagi, justru akan membuat kita terluka kembali, dengan kata lain dapat menimbulkan masalah kembali.
Dengan menutup pengalaman itu, kita berharap masalah selesai. Namun demikian, benarkah dengan menutup/mengubur pengalaman duka dapat mencegah timbulnya luka?
Mari kita telaah bersama. Ketika kita tidak lagi mau mengenang masa lalu kita yang kelam, maka itu menandakan bahwa masa lalu kita itu adalah sebuah luka.
Luka, ada yang apabila didiamkan bisa sembuh dengan sendirinya,misalnya luka terkena pisau ketika sedang memotong bawang. Kita tidak perlu melakukan pengobatan khusus agar luka itu sembuh, cukup dibersihkan lalu didiamkan saja, satu hari pasti sudah sembuh. Tetapi ada juga luka yang memerlukan pengobatan khusus seperti luka tertusuk paku yang karatan. Apakah kamu mau, apabila kamu tertusuk paku yang karatan, lalu kamu diamkan saja, nanti juga akan sembuh? Apabila mau, silahkan saja kamu coba.      Saya yakin, apabila luka itu didiamkan, maka luka itu akan hilang. Yah, akan hilang, hilang bersama dengan hilangnya nyawamu. Loh, sebegitu parahnya kan sampai menyebabkan kematian?
Luka akibat kaki tertusuk paku karatan, akan membuat kaki mu terinfeksi oleh kuman clostridium tetani, sehingga kamu akan terkena penyakit yang disebut Tetanus. Kuman ini menghasilkan racun tetanospasmin penyebab kelumpuhan otot seluruh tubuh yang bersifat kaku. Kuman tersebut dapat mengakibatkan kelumpuhan di seluruh tubuh yang dapat disertai kejang. Penderita dapat meninggal karena kejang-kejang terus menerus sehingga paru-paru dan otak kekurangan oksigen, masuknya cairan muntahan atau air liur ke dalam saluran pernapasan, akibat panas tinggi, infeksinya bertambah berat atau infeksi tumpangan penyakit lainnya. [1]
Nah, sekarang coba perhatikan, apakah luka masa lalu mu itu termasuk yang dapat sembuh dengan sendirinya apabila didiamkan begitu saja, ini berarti luka masa lalu mu tidak begitu berat. Namun demikian, apabila memang luka masa lalu mu tidak begitu berat, saya rasa kamu tidak akan alergi untuk mengingatnya. Coba sekarang kamu ingat kembali luka masa lalu mu. Apabila terasa sakit dan kamu merasa berat untuk mengingatnya kembali, itu berarti luka masa lalu mu, bukan lah luka yang ringan melainkan luka berat. Dengan kata lain, masa lalu, telah menjadi masalah lu. Harus segera diobati! Bagaimana caranya? Mungkin di lain kesempatan kita akan membahasnya. Tetap kunjungi web ini untuk mendapatkan informasi berikutnya.



Bisa juga dibaca di http://smak6bpkpenabur.com/masa-lalu-masalah-lu/
 
Karya: Nuryanto, S.Si (Teol)

Bagikan

Delete this element to display blogger navbar