Senin, 19 April 2010

Apakah Anda Berbohong?

Apakah Anda Berbohong ?


Trik sulap ini pernah dimainkan oleh salah seorang mentalist besar Indonesia yaitu Deddy Corbuzier. Permainan ini bisa dikategorikan street magic atau dapat dilakukan di atas stage dengan kategori math’s logic mentalistm. Ternyata setelah diperhatikan secara seksama, permainan ini hanya sebuah permainan logika sederhana, tetapi dapat menimbulkan tepuk tangan meriah dari penonton .


Effect :
Anda dapat menebak dimana cincin yang dipegang/disembunyikan oleh dua orang penonton yang terlebih dahulu memilih sifat bohong atau jujur.


Alat :
- Cincin


Performance :


1. Pertama, anda memanggil dua orang penonton atau dua orang yang Anda ditemui di jalan.

2. Kemudian, katakan bahwa Anda akan memberikan sebuah cincin kepada mereka dan terserah siapa yang akan memegangnya. Katakan pula bahwa mereka dapat memilih sifat jujur atau bohong tanpa sepengetahuan Anda dan mereka dapat saling berdiskusi sebelumnya agar saling mengetahui satu sama lain tentang sifat yang mereka pilih.

3. Setelah mereka berdiskusi , panggil orang pertama dan tanyakan kepadanya “ Apakah anda memiliki sifat yang sama ?” misalkan orang pertama mengatakan “Tidak sama”. Setelah itu bertanyalah pada orang kedua “Apakah Anda yang memegang cincinnya ?” Misalkan orang kedua mengatakan “Tidak”. Dengan sedikit berakting, Anda melihat kedua bola matanya dengan seksama dan gerak-gerik tubuhnya. Kemudian dengan senyuman Anda berkata “Saya tahu Anda berbohong, ayo berikan cincinnya”. Dan setelah itu nikmatilah tepuk tangan penonton orang di sekitar anda.

4. Sebagai tambahan di akhir pertunjukan, katakan bahwa memang setiap orang dapat berbohong tetapi hati nurani mereka tidak dapat berbohong karena hal tersebut dapat tergambar dari tingkah laku mereka.


Rahasia :

Sebenarnya ini cuma permainan logika matematika biasa. Memang ketika melihat secara sepintas pasti akan terlihat bahwa dengan kemampuan mentalistm, kita dapat mengatahui apakah orang tersebut berbohong atau tidak. Caranya sangat mudah.
Pada contoh di atas, orang pertama menjawab “tidak sama”. Jika dia menjawab seperti itu maka otomatis orang kedua pasti memilih sifat bohong, walaupun orang pertama memilih sifat jujur atau sifat bohong. Logikanya seperti ini, jika orang pertama menjawab “tidak sama”, dan memilih sifat jujur berarti orang kedua memilih sifat bohong karena dia telah berkata jujur bahwa sifat mereka tidak sama. Jika orang pertama memilih sifat bohong berarti orang kedua pasti memilih sifat bohong karena dia telah berbohong bahwa mereka berdua memiliki sifat yang sama, yaitu “bohong”. Sama halnya ketika orang pertama menjawab “sama”. Untuk lebih mudahnya perhatikan tabel berikut :



Makna permainan :

Setiap orang ketika menghadapi suatu hal, maka mereka bisa saja memilih apakah mereka ingin berlaku jujur atau berbohong. Tetapi hati nurani ini tidak akan bisa membohongi diri kita sendiri karena hati nurani ini akan selalu berkata jujur. Oleh karena itu biasakanlah berkata jujur, karena sepandai-pandainya orang berbohong pasti akan terbongkar sebab hal tersebut akan terlihat dari tingkah laku kita.

Silangan Ajaib

Effects : Trik Ini mudah dipelajari dan Susah ditebak Orang.Anda mampu memprediksi Angka yang dibuat Sukarelawan secara acak dan dengan menjumlahkannya dengan akhir Coretan.

Catatan : Pada poin 2,3,4,dan 5 ada tulisan saya yang di Tebalkan atau di Bold itu tandanya Melakukan itu dalam hati atau secara diam-diam dengan cepat

Prosedur :
1. Minta 3 ( Tiga ) Sukarelawan untuk menulis 3 Angka yang berbeda-beda,Misalnya :
Sukarelawan 1 : 123
Sukarelawan 2 : 978
Sukarelawan 3 : 666

2. Katakan kepada Semua Sukarelawan bahwa Anda bisa mengetahui jumlah yang ditulis dari Sukarelawan,Sewaktu mereka sedang menuliskan angka-angka mereka.Jika diperlukan anda bisa membuat Catatan Prediksi.

3. Berikut Cara cepat untuk membuat prediksi anda,Dari angka-angka yang ditulis oleh Sukarelawan,lakukan penjumlahan dari setiap angkanya yang ditulis
123 = 1+2+3=6
978 = 9+7+8=24
666 = 6+6+6=18

4. Selanjutnya anda ganti Pola menjadi :
-Angka pada baris pertama tambahkan dua buah nol (00) = 6+00=600
-Angka pada baris kedua tambahkan satu buah nol (0) = 24 + 0 =240
-Angka pada baris ketiga biarkan apa adanya = 18

5. Kemudian jumlahkan angka yang diperoleh yaitu : 600 + 240 + 18 =858 dan 858 adalah Prediksi Anda

6. Perintahkan pada Sukarelawan pertama untuk memilih tiga angka secara acak,masing-masing satu angka untuk disilang.
Misalnya Sukarelawan pertama Menyilang angka 1,7,dan 6
(1 disilang) 23
9(7 disilang)8
6(6disilang)6

7. Perintahkan pada Sukarelawan kedua untuk menyilang tiga angka secara acak,untuk setiap baris dari sisanya.
Misalnya Sukarelawan kedua Menyilang angka 3,8,dan 6
(1 disilang) 2 (3disilang)
9 (7disilang) (8 disilang)
6 (disilang) 6 (6 disilang)

8. Berarti Sukarelawan ketiga akan menyilang tiga angka terakhir yang tersisa,yaitu 2,9,dan 6
123 (semua disilang)
978(semua disilang)
666(semua disilang)

9. Sekarang jumlah ketiga angka yang dicoret tersebut adalah:

123
978
666
_____ +
858

10. Hasil Akhir buka Prediksi anda yang tadi anda Buka dan hasilnya adalah 858 dan selamat mendapat Tepuk Tangan Meriah dari penonton.

Kekuatan Arwah dengan Angka

Efek : Dapat membuktikan perbedaan kekuatan antara orang yang masih hidup dengan orang yang sudah meninggal.

Alat :
2 buah amplop
10 lembar kertas

Persiapan :

1. Siapkan 4 lembar kertas dan tulis angka yang terdiri dari 5 digit angka yang jika dijumlahkan hasilnya sama dengan 211111.
Misalkan anda menuliskan angka : 62924, 71636, 29367, 47184. Angka – angka tersebut jika dijumlahkan hasilnya sama dengan 211111.
Masukkan angka – angka tersebut ke dalam amplop pertama.

2. Siapkan lagi 4 lembar kertas dan tulis angka yang terdiri dari 5 digit angka (jumlah angka terserah Anda). Misalkan Anda menuliskan angka 74615, 25314, 73486, 91473. Masukkan angka – angka tersebut ke dalam amplop kedua.



Prosedur :

1. Sebelum permainan, bawa 2 lembar kertas yang masih kosong. Katakan bahwa Anda akan membuktikan perbedaan kekuatan antara orang yang sudah meninggal dengan orang yang masih hidup. Katakan juga bahwaa Anda akan bermain permainan angka dengan bantuan kekuatan ghaib agar prediksi angka Anda tepat.

2. Panggil 2 orang penonton naik ke atas panggung kemudian suruh penonton pertama untuk memikirkan 6 digit angka dari
1 – 9 yang diawali dengan angka 2. Tulis pada papan angka yang disebutkan penonton tersebut. Misalkan penonton tadi menyebutkan angka : 253749 (ingat, harus diawali dengan angka 2).

3. Suruh penonton kedua untuk menyebutkan 6 digit angka dari 1 – 9 yang diawali dengan angka 2. Tulis angka yang disebutkan penonton pada papan. Misalkan penonton tadi menyebutkan angka 295474.

4. Jelaskan bahwa Anda memiliki 2 buah amplop yang berisi angka – angka prediksi. Berikan amplop pertama kepada penonton kedua dan berikan amplop kedua kepada penonton pertama (lihat bagian persiapan : amplop pertama berisi angka 62924, 71636, 29367, 47184 dan amplop kedua berisi angka 74615, 25314, 73486, 91473).

5. Suruh penonton pertama untuk menuliskan orang yang paling dicintai yang masih hidup pada amplop yang ia pegang dan suruh penonton kedua untuk menuliskan orang yang paling dicintai yang sudah menuinggal dunia.

6. Katakan bahwa di dalam amplop tersebut ada 4 angka, padahal dibutuhkan 5 angka. Katakan bahwa Anda akan menuliskan lagi sebuah angka untuk masing – masing amplop agar angka – angka tersebut jumlahnya sesuai dengan angka yang ada di papan yang telah dipilih masing – masing penonton pada langkah no. 2 dan langkah no. 3.

7. Ambil kertas kosong untuk menuliskan angka kelima. Untuk amplop pertama (yang telah bertuliskan orang yang sudah meninggal dan dipegang oleh penonton kedua). Anda tulis angka dengan cara angka yang dipilih penonton kedua ( lihat langkah 3) dikurangi dengan 211111 (missal dalam kasus ini, 295474 – 211111 = 84363,  tulis angka 84363 di kertas dan masukkan ke dalam amplop pertama. Sekarang di dalam amplop pertama terdaapat 5 angka, yaitu : 62924, 71636, 29367, 47184, 84363.

8. Ambil lagi kertas kosong untuk amplop kedua dan tuliskan 5 digit angka terserah Anda karena berapapun angka yang Anda tuliskan, tidak akan mempengaruhi permainan (untuk contoh, tulis angka 87415). Sekarang di daalam amplop kedua terdapat 5 angka, yaitu : 74615, 25314, 73486, 91473.

9. Jelaskan kepada penonton bahwa orang yang dicintai walaupun telah tiada, sebenarnya masih dekat dengan penonton dan katakana bahwa Anda akan membuktikan kebenaran kata – kata Anda tersebut. Jika jumlah angka tersebut sesuai dengan angka pilihan penonton kedua, berarti walaupun orang itu telah tiada, masih mempunyai kekuatan.

10. Buka semua angka pada amplop pertama yang dipegang oleh penonton kedua. Jumlahkan kelima tersebut secara satu persatu. Pasti hasilnya sama dengan angka yang dipilih penonton kedua ( lihat langkah no. 3). 62924 + 71636 + 29367 + 47184 + 84363 = 295474  sama dengan angka pilihan penonton kedua (lihat langkah no. 3). Hasilnya tepat, karena amplop pertama bertuliskan orang yang sudah meninggal sehingga memiliki kekuatan magic.

11. Buka semua angka pada amplop kedua yang dipegang oleh penonton pertama. Jumlahkan kelima angka tersebut secara saatu – persatu. Pasti hasilnya tidak saama dengan angka pilihan penonton pertama (lihat langkah no. 2). 74615 + 25314 + 73486 + 91473 + 87415 = 352303  hasilnya tidak sama dengan angka pilihan penonton pertama, yaitu 253749 (lihat langkah no. 2).

Hal ini membuktikan bahwa orang yang telah meninggal bukan berarti telah tiada, melainkan kekuatannya yang masih ada di sekitar kita sedangkan pada langkah no. 11 hasilnya tidak tepat dikarenakan orang yang masih hidup hanya bias membantu jika dia ada di dekat kita.

Pesan : Berusahalah untuk lebih dekat dengan orang yang Anda cintai sebelum dia pergi meninggalkan kita agar kita dapat membantunya dalam segala hal, begitu pula sebaliknya.

I LOVE U

Alat dan Bahan :
Shampoo/handbody atau sesuatu yang lengket seperti lem cair.
Putung rokok kalao anda merokok, atau bisa diganti dengan sesuatu yang berbentuk seperti pasir atau butiran-butiran yang halus lah.
White Board dan Spidol, bisa diganti dengan Kertas dan Bolpoint
Selembar kertas bertuliskan angka 34073
Kalkulator
Cara Bermain : Anda menunjukkan lembaran kertas tadi yang berisi angka 34073, lalu anda mengajak kekasih anda untuk maju ke panggung, atau jika anda mainkan secara close up dengan kekasih anda saat sedang nge-date di cafe or saat sedang berdua saja, menurut saya malah lebih romantis. ^^
Well, kemudian anda melakukan hitung-hitungan seperti pada triknya Mas Wiku, Mathematic Extreme Prediction, kemudian anda meminta kekasih anda untuk menghitung menggunakan kalkulator, sedangkan anda hanya menggunakan kekuatan pikiran. Pastinya anda sudah tahu hasil akhirnya, sementara kekasih anda menghitung (pasti agak lama, kecuali kekasih anda adalah seorang kasir, ^^) anda malah menggosokkan abu dari putung rokok anda, atau tanah, atau sesuatu yang lain berbentuk butiran halus.
Dan prediksi anda sudah tertulis di lengan anda.
Triknya : Seperti yang sudah dijelaskan pada Matematic Extreme Prediction, kita menggunakan 5 baris angka disini. Bedanya, kitalah yang menentukan baris angka pertama, ketiga, dan kelima.
Angka 34073 adalah angka yang sudah kita tentukan sejak awal, berkatalah pada kekasih anda bahwa ini adalah baris angka yang biasa, yang anda ingin pakai untuk membuktikan cinta pada kekasih anda itu, namun dalam prosesnya, anda katakan anda butuh bantuannya.
Misalnya seperti ini, “Aku mau buktikan cintaku ke kamu. Aku punya sebuah kertas bertuliskan sebuah bilangan, dan aku mau kamu bantu aku membuktikan cintaku ke kamu, lewat bilangan ini.”
Lalu setelah anda menggombal seperti kalimat diatas, anda minta kekasih anda untuk menuliskan bilangan dengan 5 digit, berapa saja. Sekarang gantian anda yang menulis untuk bilangan ketiga, lalu giliran kekasih andauntuk bilangan keempat, dan terakhir, untuk bilangan kelima adalah giliran anda.
Seperti pada Mathematic Extreme Prediction, pada baris kedua dan keempat, dalam trick ini adalah bagian kekasih anda yang menulis angka dengan 5 digit berapa saja. Dan, pada saat bagian anda barulah anda mengatur agar jumlah tiap digit pada baris yang ditulis kekasih anda bila dijumlah sama dengan 9.
Kemudian anda berikan kalkulator dan mintalah kekasih anda untuk menghitungnya, sementara anda mengambil abu rokok atau bahan sejenis seperti saya sebutkan tadi. Nah, untuk persiapan, sebelum permainan ini dimulai, anda olesi lengan anda dengan shampoo. Agar abu rokok itu dapat lengket dan membentuk suatu Stigmata sederhana. Dan anda menulisnya jangan asal nulis 234071. Tapi cobalah bentuk seperti ini.
Tulis Stigmata tersebut di lengan anda dengan jelas. Dan saat didekatkan atau ditunjukkan lebih dekat akan membentuk suatu kata.
Anda boleh juga menambah abu pada titik-titik merah dan menghapus bagian yang berlebihan saat prediksi anda sudah anda tunjukkan. Supaya tulisan I Love U lebih gampang dibaca.
Supaya lebih enak, anda menulisnya sejajar dengan tangan saat direntangkan, sehingga sewaktu lengan ditekuk kedalam, angka akan terlihat menjadi “I LOVE U”.

Prediksi 1, 2, 3

Effek :

Jumlah koin Rp.500-an dikotak pilihan penonton jika ditambahkan dgn jumlah koin Rp.500-an dikotak magician adalah Rp. 21.000/ sesuai prediksi magician..


Persiapan :

- 2 kotak/ kardus tanpa tutup (anggap kotak ‘A & kotak ‘B)

- Koin Rp. 500 sebanyak 95 koin yg dimasukkan kedalam 2 kantong plastik transparan, dimana satu kantong berisi 55 koin & satu kantong lagi berisi 40 koin

- 3 amplop tertutup untuk prediksi, yaitu amplop ‘1 bertuliskan, “saya akan mengambil koin sebanyak yg tersisa dikotak sukarelawan”, amplop ‘2, bertuliskan “magician akan harus mengambil 13 koin lagi dari kotak yg dipegang” & diamplop ‘3 bertuliskan “magician sudah memprediksikan bahwa koin Rp.500 yang tersisa dikotak yg sukarelawan pilih & kotak yg magician pegang jika dijumlahkan adalah Rp.21.000 & dompet berisi uang Rp.21.000 milik magician (11 lembar uang Rp. 1.000 & 2 lembar uang Rp. 5.000)


Prosedur :


1. Sulap ini sangat baik untuk dipanggung/ on stage, jadi siapkan meja lengkap dgn kursinya plus banyak penonton

2. Magician bercerita bahwa sugesti positif akan memunculkan sesuatu yg luar biasa dimata para penonton& hari ini “saya akan memberi sugesti2 angka yg mungkin tidak anda sadari”. Magician memperlihatkan pada penonton amplop bernomor 1 ditangan kiri dan amplop no.2 ditangan kanan, lalu menurunkan amplop no.2 dan memindahkan amplop no.1 ketangan kanan dan amplop no.3 ada ditangan kiri. Lihat gambar 1 & 2.



Sebagai pembuka, magician meminta semua penonton untuk mengeluarkan HP-nya & penonton diminta memikirkan satu bilangan dari 1 sd. 10000. Magician mencoba memanipulasi pikiran semua penonton dengan memberi sugesti sebuah bilangan. Lalu para penonton diminta menambahkan bilangan yg dipikirkan tsb dgn 15 pada HP masing-masing, lalu hasilnya dikalikan 3, dikurangi 6, dibagi 3 lagi. Terakhir kurangi hasilnya dgn angka yg diawal dipikirkan. Suruh semua penonton mengingat hasilnya.

3. Contoh ; 25 + 15 = 40 x 3 = 120 - 6 = 114 : 3 = 38 – 25 = 13, ( 25 adalah angka penonton & 13 adalah hasil terakhirnya). Magician lalu tersenyum dan beranekdot, “sepertinya angka anda semua yg ada disini adalah angka yg identik dengan PNS diNegeri ini, sepertinya para PNS begitu mengharapakan gaji ke-13, “Saya yakin hasil akhir anda semua adalah 13”, pasti penonton terkejut.

4. Magician katakan itu hanya sbg pembukaan, masih ada yg spektakuler sebentar lagi.
Selanjutnya minta 2 orang penonton maju ke depan (sukarelawan dipilih acak)

5. Jelaskan bahwa magician membawa koin Rp.500-an, lalu perlihatkan 2 kantong plastik yg berisi koin Rp.500-an, & perlihatkan juga 2 kotak tanpa tutup yg ada di atas meja& 3 buah amplop yg dipakai nanti, bertuliskan 1, 2, 3 diatas meja.

6. Sebagai anekdot/ bahan candaan pesulap, katakan pada sukarelawan & penonton “karena sulitnya menemukan tempat menukar uang, saya mengumpulkan uang recehan ini hasil mengamen, silakan kalau mau dicek apakah asli/ bukan uang ini, jadi harap dimaklum koinnya kotor”

7. Tentu sukarelawan akan berkata ‘ya asli uangnya’, lalu magician meminta seorang sukarelawan memilih satu, dari 2 kantong plastik, magician beranekdot lagi ”saya belum sempat menghitung isi ke-2 kantong plastik berisi uang logam ini, karena pas mau dihitung eh’,,listriknya padam”. Pasti penonton tertawa (ini sebagai pengalihan pikiran)

8. Disini paksa sukarelawan memilih kantong plastik yg berisi 40 koin, magician memakai teknik forcing, jika penonton memilih yg berisi ‘55, katakan “ berarti ini untuk saya & yg tidak anda pilih untuk anda”, tapi jika sukarelawan memilih yg ’40, katakan ”Ok, ini pilihan anda, silakan diambil & berarti ini untuk saya”.
Gambar 3


Kantong Berisi 40 koin (Sukarelawan) Kantong Berisi 55 koin (Magician)



kantong plastic transparan berisi koin

9. Jika sudah, minta sukarelawan ‘2 memilih satu kotak antara A & B (yg mana saja, A / B), Jika sudah memilih kotak, minta sukarelawan ‘1 memasukan semua koin dari kantong plastik yg dipilihnya kekotak, magicianpun memasukan semua koin dikantong plastiknya kekotak 2.

10. Terus magician berbalik & meminta sukarelawan’ 2 untuk mengambil/ mengeluarkan kembali koin Rp.500 dari kotak yg dipilih sukarelawan. Sukarelawan boleh mengambil berapa saja. Kita anggap/ misal sukarelawan ‘2 mengambil acak sebanyak sebanyak 14 koin, berarti sisanya sebanyak 26 koin.


11. Minta sukarelawan 1 untuk membacakan perintah diamplop ‘1,“saya akan mengambil koin sebanyak yg tersisa dikotak sukarelawan”, berarti magician hrs membuang koin dikotaknya sebanyak sisa dikotak sukarelawan, hitungan harus benar!. Dlm hal ini sisa dikotak sukarelawan sebanyak 26 koin, maka magician harus membuang 26 koin dari 55 dikotaknya (sisanya 29 koin).

12. Minta sukarelawan membuka lagi amplop ‘2, & bacakan kembali untuk magician, “magician harus mengambil 13 koin lagi dari kotak yg dipegang”. Magician berkata “saya memilih angka 13 karena ingin membuktikan bahwa angka 13 bukanlah angka sial”, buktinya anda semua jawabannya 13 tadi, benar kan? & dgn membuang 13 koin lagi dari kotak ini, maka akan terjadi sebuah keajaiban”. “Ok saya akan membuang 13 koin lagi”. Penonton tambah heran dan bingung.

13. Terakhir persilakan sukarelawan ‘1 untuk membuka amplop ‘3 & bacakan keras-keras, sukarelawan pun berkata, “magician sudah memprediksikan bahwa koin Rp.500 yg tersisa dikotak yg sukarelawan pilih & kotak yg magician pegang jika dijumlahkan adalah Rp.21.000.



Hitung sisa koin dikotak sukarelawan & dikotak magician, maka dapat dipastikan berjumlah
Rp.21.000, dimana sisa koin dikotak sukarelawan = 26x500= 13.000 & sisa koin dikotak
magician =16x500= 8.000. Sehingga 13.000+8.000= Rp.21.000.

13. Magician menyerahkan dompetnya kesukarelawan & sukarelawan menghitung isi dompet, ternyata isinya Rp. 21.000, dimana ada 13 lembar uang kertas, Rp. 1.000 ada 11 lembar, dan Rp. 5.000 ada 2 lembar. Angka 1, 2, 3 berperan besar dlm permainan ini, percayalah!!


Rahasia :

Angka 13 = selalu muncul jika mengikuti rumus (n + 15 x 3 – 6 : 3 dikurang n= 13),
Prediksi = Jumlah koin sudah diketahui & diatur magician, uang yg ada dikotak penonton harus lebih sedikit dari isi kotak magician setelah dikurangi 13 lalu dikali Rp.500 ( 55 – 13=42 x Rp.500 = Rp. 21.000), walaupun diambil berapa saja jumlahnya akan tersisa 42 koin, asalkan koin yg diambil penonton tak melebihi 42 (diatas saya hanya memakai 40 koin). Kalau uangnya diganti Rp. 1000, maka prediksinya = 42 x Rp. 1.000 = Rp. 42.000.


Kesimpulan :
Inti dari permainan ini adalah ketika saya menggunakan 3 amplop lalu mengangkat amplop 2 & 1 (‘21) serta 1& 3 (’13), anda semua telah dimasuki dipengaruhi sugesti angka 1, 2, 3 dari saya. Sehingga munculah angka ‘13, Rp. (‘21).000 & ada ‘13 lembar uang didompet saya yg berjumlah Rp. ‘21.000!!. Ini semua bisa terjadi karena kekuatan pikiran, sugesti positif dan konsentrasi anda2 semua.

Magic Square 6x6

Langsung saja. Ini dia rumusnya:

ingin tahu kehebatannya?

1. Perhatikan contoh di bawah ini:




Pada kotak magic square di atas, masing – masing baris secara vertikal maupun horizontal jumlahnya sama yaitu 246 (tidak berlaku untuk baris diagonal).
2. Perhatikan juga di bawah ini!



a. Jumlah 6 angka pada kotak berwarna ungu adalah 246.
b. Jumlah 6 angka pada kotak berwarna hijau adalah 246.
c. Jumlah 6 angka pada kotak berwarna orange adalah 246.
d. Jumlah 6 angka pada kotak berwarna merah adalah 246.
e. Jumlah 6 angka pada kotak berwarna biru adalah 246.
f. Jumlah 6 angka pada kotak berwarna kuning adalah 246.

3. Perhatikan lagi yang di bvawah ini:




a. Jumlah 6 angka pada kotak berwarna merah adalah 246.
b. Jumlah 6 angka pada kotak berwarna biru adalah 246.
c. Jumlah 6 angka pada kotak berwarna kuning adalah 246 .

4. Perhatikan lagi untuk yang di bawah ini!



a. Jumlah 6 angka pada kotak berwarna merah adalah 246.
b. Jumlah 6 angka pada kotak berwarna biru adalah 246.
c. Jumlah 6 angka pada kotak berwarna kuning adalah 246 .


5. Perhatikan lagi, keajaiban masih banyak



a. Jumlah 6 angka pada kotak berwarna ungu adalah 246.
b. Jumlah 6 angka pada kotak berwarna merah adalah 246.
c. Jumlah 6 angka pada kotak berwarna hijau adalah 246.
d. Jumlah 6 angka pada kotak berwarna kuning adalah 246.
e. Jumlah 6 angka pada kotak berwarna merah adalah 246.
f. Jumlah 6 angka pada kotak berwarna abu-abu adalah 246.

5. Perhatikan lagi, keajaiban masih barlanjut!!!



a. Jumlah 6 angka pada kotak berwarna biru adalah 246.
b. Jumlah 6 angka pada kotak berwarna merah adalah 246.
c. Jumlah 6 angka pada kotak berwarna hijau adalah 246.
d. Jumlah 6 angka pada kotak berwarna kuning adalah 246.
Itulah beberapa keajaiban magic square 6x6. Sebenarnya masih banyak keajaiban - keajaiban yang lain tetapi nanti artikelnya jadi kepanjangan. Perlu Anda tahu, semua angka dalam magic square 6x6 tidak ada yang sama.
Tips : Jika Anda menghendaki angka - angka di dalam kotak berbeda - beda, maka masukkan angka pada baris pertama dengan selisih antara kotak A dan B, B dan C, Cdan D, D dan E, dan E dan F minimal adalah 12. Contoh: jika di kotak A Anda memasukkan angka 14, maka di kolom B harus selisihnya minimal 12, yaitu minimal 26.

Bagikan

Delete this element to display blogger navbar